Pemilik Ram, Tauke hingga Kuli Angkut di Bengkulu Ikut Terkena Imbas Harga TBS Sawit Anjlok

Tak kunjung naik, Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur tertinggi di petani saat ini hanya Rp 750 per kilogram.

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Tak kunjung naik, Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur Provinsi Bengkulu tertinggi di petani saat ini hanya Rp 750 per kilogram.

Harga TBS sawit Bengkulu Selatan dan Kaur yang juga belum membaik ini membuat petani masih melakukan penundaan panen.

Tak hanya berimbas ke petani saja, harga TBS sawit yang anjlok juga berdampak dengan pemilik ram, tauke (toke) dan kuli angkut sawit di Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

Petani sawit menunda panen membuat pendapatan mereka pun ikut berkurang.

Pemilik ram sawit di Bengkulu Selatan, Niko (38) mengatakan biasanya dalam waktu satu hari, mereka bisa mengumpulkan TBS sawit hingga satu mobil.

Namun Saat ini, untuk mengumpulkan hingga mobil penuh memerlukan waktu dua hari bahkan tiga hari.

"Memang benar sepi di setiap pabrik saat ini. Karena kami memang sepi petani yang melakukan panen. Dalam waktu tiga hari kami baru bisa menjual TBS sawit ke pabrik saat ini. Padahal sebelumnya cukup satu hari mengumpulkan TBS," kata Niko kepada TribunBengkulu.com, Kamis (14/7/2022).

Tidak hanya pemilik ram merasakan pengurangan pembelian TBS Sawit. Tetapi para kuli angkut yang bekerja di ram atau tauke juga mengalami pengurangan pendapatan upah. Sesuai dengan upah dari kerja mereka.

Dari pantauan TribunBengkulu.com, antren truk TBS sawit sudah dua hari ini sepi karena petani masih membiarkan TBS di pohon.

Untuk diketahui, harga TBS hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur masih seperti harga kemarin, Rabu (13/7/2022). Di mana PT SBS membeli di angka Rp 970 per kilogram, PT CBS tertinggi Rp 1.130 per kilogram dan terendah Rp 960 per kilogram. Sedangkan, PT BSL hanya di angka Rp 930 per kilogram.

Humas PT BSL, Idius Safari mengakui produksi CPO PT BSL jauh berkurang. Lantaran hanya beberapa ton saja TBS sawit yang masuk ke pabrik setiap harinya.

"Kalau produksi terus, tapi kurang buah untuk produksi. Dalam sehari hanya diangka 100 ton, biasanya 800 ton kita produksi," ungkap Idius.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini Turun Lagi, Cek Daftar Lengkap Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Bengkulu

Baca juga: Jadwal Film Bisokop Bengkulu Bencoolen XXI dan 21 Bengkulu Hari Ini, 14 Juli Ada Film Ivanna

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved