Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Harga TBS Sawit Terbaru di Bengkulu Ditetapkan Rp 1.013 per Kilogram

Pemprov Bengkulu telah mengeluarkan harga penetapan Tandan Buah Segar (TBS) sawit terbaru di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS), Selasa (12/7/2022).

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di sejumlah pabrik sawit di Bengkulu Tengah sepi pengunjung, Jumat (15/7/2022). Harga TBS sawit terbaru di Bengkulu ditetapkan Rp 1.013 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu telah mengeluarkan harga penetapan Tandan Buah Segar (TBS) sawit terbaru di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS), Selasa (12/7/2022).

Melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga TBS sawit di tingkat PKS sebesar Rp 1.013 per kilogram dengan toleransi 5 persen menjadi Rp 963 per kilogram. Berdasarkan rapat tim penetapan harga TBS Provinsi Bengkulu

Sehingga PKS yang ada di Provinsi Bengkulu boleh membeli TBS sawit dari para petani dengan harga TBS sawit terendah yakni Rp 963 per kilogram.

Harga penetapan tersebut jauh menurun jika dibandingkan dengan harga penetapan pada Juni lalu.

Juni lalu, pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga TBS sawit di PKS sebesar Rp 1.942 per kilogram, sedangkan saat ini penetapan harga TBS hanya Rp 1.013 per kilogram.

"Harga tersebut dihitung berdasarkan invoice penjualan pabrik kelapa sawit (PKS). Karena kondisi harga CPO saat ini sedang terjun bebas makanya harga TBS sawit juga ikut turun," ungkap Silvia Atmareta, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Bengkulu Tengah.

Namun, akibat kelangkaan TBS sawit di sejumlah PKS di Provinsi Bengkulu justru membuat harga TBS sawit di sejumlah PKS menyentuh harga Rp 1.100 per kilogram hingga Rp 1.200 per kilogram.

"Kita doakan saja, semoga harga TBS sawit terus naik dan semoga pemerintah pusat bisa menstabilkan penyerapan CPO dan harganya. Dampaknya ke petani yang kita harapkan," ujar Silvia.

Baca juga: Lowongan Kerja Tamatan SMA di PT Josanco Candra, Gaji Rp 7 Juta Perbulan, Bagaimana Cara Kerjanya?

Baca juga: Festival Tabut Digelar 29 Juli 2022, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Dipastikan Bakal Hadir

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved