Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Naik Lagi, Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Sentuh Rp 1.120, Petani Masih Tunda Panen

Harga TBS sawit hari ini, Jumat (15/7/2022) di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami peningkatan kembali hingga Rp 1.120 per kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di PT Agra Sawitindo masih terpantau sepi, Jumat (15/7/2022). Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Tengah menyentuh harga Rp 1.120 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit hari ini, Jumat (15/7/2022) di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami peningkatan kembali, hingga menyentuh harga Rp 1.120 per kilogram.

Namun meski harga TBS sawit ditingkat pabrik kelapa sawit (PKS) di Bengkulu Tengah mengalami peningkatan, pasokan TBS sawit dari para petani masih rendah.

Harga TBS sawit saat ini memang mengalami peningkatan, namun belum membuat para petani ingin melakukan pemanenan.

Dari pantauan TribunBengkulu.com, sejak Senin (11/7/2022) lalu, sejumlah PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah masih mengalami penurunan pasokan TBS sawit.

"Sejak Senin lalu, hingga hari TBS sawit dari para petani kita hanya berkisar antara 110 ton per hari, jumlah tersebut sangat turun dibandingkan dengan beberapa waktu lalu yang mencapai Rp 300 ton," ujar Yaumid salah satu supplier TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Untuk peningkatan harga TBS sawit di sejumlah PKS di Bengkulu Tengah mengalami peningkatan bervariasi diantara Rp 50 hingga Rp 70 tiap kilogramnya.

"Kalau untuk harga TBS di PT Agra Sawitindo ini tidak mengalami peningkatan dari hari sebelumnya masih bertahan di harga Rp 1.050, sedang di pabrik lain telah mengalami peningkatan," ungkapnya.

Diketahui, untuk di PT Palma Mas Sejati harga TBS sawit mengalami peningkatan sebesar Rp 50, dari harga Rp 1.040 menjadi Rp 1.090.

Sedangkan untuk di PT Citra Sawit Lestari harga TBS sawit mengalami peningkatan sebesar Rp 70, dari harga Rp 1.050 menjadi Rp 1.120.

"Kalau harga TBS sawit ditingkat petani saat ini berkisar antara Rp 600 hingga Rp 800 bergantung pada jarak kebun sawit itu sendiri," kata Yaumid.

Baca juga: 100 Contoh Judul Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Terbaru, Ide Judul Skripsi PGSD

Baca juga: Lantaran Pasokan TBS Sawit Berkurang, Pabrik Kelapa Sawit di Bengkulu Tengah Naikkan Harga

Baca juga: Naik Lion Air, Menteri Perusahaan Perladangan dan Komoditi Malaysia Tiba Sore Ini di Bengkulu

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved