Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Harga TBS Sawit Naik Lagi di Bengkulu Tengah, Petani Masih Mogok Tunda Panen Sawit

Meski mengalami peningkatan harga, namun pasokan TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah masih rendah.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Hendrik Budiman
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami penurunan pasokan TBS sawit meski Harga TBS Sawit mengalami peningkatan, Sabtu (16/7/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah kembali mengalami peningkatan, sebesar Rp 30 hingga Rp 80 tiap kilogramnya pada Sabtu (16/7/2022).

Meski mengalami peningkatan harga, namun pasokan TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah masih rendah.

Hal ini disebabkan, sejumlah petani kelapa sawit masih tetap melakukan mogok penundaan panen dikarenakan harga TBS yang dinilai masih rendah.

"Masih sepi saja pabrik hari ini, tapi untuk harga di PT Palma Mas Sejati mengalami peningkatan harga Rp 30 dari harga Rp 1.090 menjadi harga Rp 1.120 per kilogram," ungkap Denny salah satu supplier TBS sawit di Bengkulu Tengah.

Baca juga: Menteri Perladangan dan Komuditi Malaysia Lirik Potensi Sawit dan Karet Bengkulu

Kenaikan harga TBS sawit juga terjadi di PT Agra Sawitindo sebesar Rp 80, dari harga Rp 1.050 menjadi harga Rp 1.130 per kilogram.

Sedangkan untuk di PT Citra Sawit Lestari tidak mengalami perubahan harga dan masih tetap di harga Rp 1.120 per kilogram.

Baca juga: Sayembara Sawit di Bengkulu, Siapa Bisa Menaikan Harga Sawit Dapat 1 Hektare Kebun Sawit Plus Uang

Pasokan TBS sawit di sejumlah PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami penurunan sejam Senin (11/7/2022) lalu, hingga hari ini (16/7/2022) masih mengalami penurunan.

"Kalau kondisi pasokan TBS sawit masih rendah seperti ini, diprediksi harga TBS sawit akan kembali meningkat," ujar Denny.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved