Antisipasi Krisis Pangan, Kodim Kota Bengkulu Tanam Jagung di 5 Hektar Lahan Tidur

Dalam kegiatan pemanfaatan lahan tidur di wilayah hukum Kodim 0407 Kota Bengkulu. Bersama seluruh unsur Forkompinda Bengkulu TengaH

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Antisipasi Krisis Pangan, Kodim Kota Bengkulu Tanam Jagung di 5 Hektar Lahan Tidur. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Dalam kegiatan pemanfaatan lahan tidur di wilayah hukum Kodim 0407 Kota Bengkulu. Bersama seluruh unsur Forkompinda Bengkulu Tengah melakukan penanaman jagung hibrida di Desa Pasar Pedati, Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (18/7/2022).

Hal ini dilakukan secara serentak di seluruh daerah di Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jendral TNI Dudung Abdurachman melalui video conference.

"Saat ini di wilayah Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah kita melakukan penanaman jagung hibrida seluas 5 hektar tapi lahan yang telah kita siapkan seluas 45 hektar," ujar Dandim 0407 Kota Bengkulu, Kolonel Inf. Hendriawan Senjaya.

Proses tanam jagung ini dinilai hanya sebatas simbolis saja yang nantinya akan diteruskan oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani.

"Kegiatan yang kita lakukan ini bukan menanam jagung, namun menanam Budi agar masyarakat bisa terpicu untuk ikut menanam dan menjaga jagung yang bisa menjadi ketahanan pangan di wilayah kita," ungkap Hendriawan

Pemilihan tanaman jagung ini tentu bukan tanpa alasan, jagung dinilai memiliki daya simpan yang cukup panjang sehingga sangat cocok menjadi tanaman untuk mengantisipasi krisis pangan.

"Jagung ini, memiliki daya simpan yang cukup lama, orang tua kita dulu biasa menyimpan jagung pasca panen ini hingga tiga bulan lamanya, bahkan kunci keberhasilan nenek moyang kita dalam berlayar hingga berbulan pun karena membawa jagung yang memiliki daya simpan yang baik," kata Hendriawan.

Kolonel Inf. Hendriawan Senjaya pun berharap agar para petani bisa mengaktifkan kembali lahan tidur menjadi lebih produktif.

"Semoga masyarakat bisa semakin termotivasi dan bisa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dalam meningkatkan produktivitas lahan tidur," ucap Hendriawan.

Foto : Dandim 0407 Kota Bengkulu bersama Forkompinda Bengkulu Tengah melakukan penanaman jagung hibrida secara bersama di Desa Pasar Pedati Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (18/7/2022).

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved