Jungkir Balik Harga TBS

Apkasindo Sebut Tak Ada Kesesuaian Harga Penetapan TBS Sawit di Bengkulu dengan Harga CPO Terbaru

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menilai harga ketetapan Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Provinsi Bengkulu, pada Selasa (19/7/2022)

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Hendrik Budiman
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Ketua DPW Apkasindo Provinsi Bengkulu, A. Ja'far saat ditemui usai mengikuti rapat penetapan harga TBS sawit ditingkat Provinsi Bengkulu, Selasa (19/7/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menilai harga ketetapan Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Provinsi Bengkulu, pada Selasa (19/7/2022).

Itu diungkapkan Ketua DPW Apkasindo Provinsi Bengkulu A. Ja'far yang turut menjadi peserta dalam penetapan harga TBS sawit tingkat Provinsi Bengkulu, pada Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Harga TBS Sawit Terbaru di Bengkulu Ditetapkan Rp 1.447 Perkilo, PKS Diminta Patuhi Ketetapan Harga

Menurutnya, dari hasil penetapan harga TBS sawit tersebut, harga yang ditetapkan belum sesuai dengan harga tender CPO PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (PT KPBN) saat ini.

"Belum ada kesesuaian antara harga yang ditetapkan hari ini dengan harga tender CPO di PT KPBN yang terbaru. Karena kemarin (18/7/2022) harga CPO melonjak drastis hingga menyentuh harga Rp 9.250 per kilogram CPO," ujar A. Ja'farkepada TribunBengkulu.com.

Meski Harga tender CPO di PT KPBN telah menyentuh harga Rp 9.250 melonjak Rp 1.250 dari hari sebelumnya namun harga TBS sawit yang ditetapkan pemerintah Provinsi Bengkulu hanya Rp 1.447 dengan koreksi 5 persen yakni Rp 1.201 per kilogram.

Jika berdasarkan aturan kementrian pertanian dengan harga tender CPO PT KPBN di harga Rp 9.250 maka seharusnya harga yang ditetapkan bisa mencapai Rp 1.800 per kilogram.

Baca juga: Harga TBS Sawit di Kaur Lebih Mahal dari Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah, Kenapa Bisa?

"Namun harga penetapan saat ini berdasarkan invoice penjualan PKS beberapa hari yang lalu saat harga tender CPO di PT KPBN masih diharga Rp 7000. Makanya harga TBS yang ditetapkan masih rendah," kata Ja'far.

Penetapan harga TBS sawit yang dilakukan satu kali dalam 2 pekan ini diharapkan bisa meningkat pada penetapan harga TBS sawit selanjutnya.

"Semoga pada penetapan harga dua pekan lagi bisa sesuai dengan harga tender CPO PT KPBN terbaru yakni di harga Rp 9.250 pet kilogram," ucap Ja'far.

Baca juga: Penetapan Harga TBS Sawit Provinsi Bengkulu Sering Tak Digubris PKS, Begini Tanggapan Pemerintah

Harga tender CPO PT KPBN ini sangat mempengaruhi harga TBS sawit ditingkat petani.

Sebab harga tersebut merupakan pedoman bagi harga CPO Indonesia.

"Dengan meningkatnya harga tender CPO PT KPBN kemarin (18/7/2022) buktinya hari ini harga TBS sawit ditingkat PKS hari ini mengalami peningkatan juga," ungkapnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved