Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Harga TBS Sawit Terbaru di Bengkulu Ditetapkan Rp 1.447 Perkilo, PKS Diminta Patuhi Ketetapan Harga

Update harga terbaru TBS (Tandan Buah Segar) sawit ditingkat pabrik di Provinsi Bengkulu, ditetapkan Rp 1.447 perkilogram.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Hendrik Budiman
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Rapat penetapan harga TBS Sawit Provinsi Bengkulu ditingkat pabrik, Selasa (19/7/2022). Update harga terbaru TBS (Tandan Buah Segar) sawit ditingkat pabrik di Provinsi Bengkulu, ditetapkan Rp 1.447 perkilogram. 

Laporkan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Update harga terbaru TBS (Tandan Buah Segar) sawit ditingkat pabrik di Provinsi Bengkulu, ditetapkan Rp 1.447 perkilogram.

Itu Berdasarkan hasil penetapan harga TBS Sawit yang ditetapkan oleh Tim Penetapan Harga TBS Sawit Provinsi Bengkulu, Selasa (19/7/2022) siang ini.

Harga TBS sawit ditetapkan Rp 1.447 perkilogram khusus untuk di tingkat Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Provinsi Bengkulu.

Harga ketetapan TBS sawit itu dengan toleransi harga sebesar 5 persen atau Rp 1.201 perkilogram.

"Pemerintah hanya memfasilitasi penetapan harga yang berlaku mulai hari ini hingga 2 Minggu kedepan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Harga TBS Sawit di Kaur Lebih Mahal dari Bengkulu Selatan dan Bengkulu Tengah, Kenapa Bisa?

Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas TPHP Provinsi Bengkulu hanya akan memfasilitasi penetapan harga TBS sawit ini 2 kali dalam satu bulan.

Pertemuan pertama akan dilaksanakan dengan tatap muka, sedangkan pertemuan kedua hanya mengirimkan invoice saja.

Baca juga: Harga TBS Sawit Hari Ini di Bengkulu Tengah Naik Rp 100 Tiap Kilogramnya

Penetapan harga ini tidak terlalu jauh dengan harga saat ini, agar PKS dapat mematuhi penetapan harga ini, selama 2 Minggu kedepan.

Karena, masyarakat tahu harga ini ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

Harga ini ditetapkan bersama dan berdasarkan dari invoice yang dikirimkan oleh setiap PKS.

"Kita minta mereka tempelkan di pintu pabrik itu, agar masyarakat bisa tahu berapa harga yang telah ditetapkan," ujarnya.

Terpisah Sub kordinator APHP Bidang Perkebunan Dinas TPHP, Yuhan Syahmeri menyatakan, harga tersebut ditetapkan berdasarkan 10 invoice yang telah disampaikan kepada Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

"Data tersebut kemudian diolah dalam Aplikasi yang telah ditetapkan Permentan Nomor 01 tahun 2018 kemudian dapatlah harga tersebut," ungkapnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved