Ada 14 Anak Penderita Thalasemia di Kepahiang, Setiap Anak Butuh Dana Pengobatan Rp 15 Juta

Penderita penyakit thalasemia di Kepahiang terdata cukup banyak. Ada 14 anak penderita thalasemia saat ini.

Ho/TribunBengkulu.com
Wakil Bupati Kepahiang Zurdi Nata saat hadir pada sosialisasi tentang thalasemia di di Aula SMA Negeri 1 Kepahiang, pada Selasa (19/7/2022). Ada 14 anak penderita thalasemia di Kepahiang. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Penderita thalasemia di Kepahiang terdata cukup banyak. Ada 14 anak penderita thalasemia saat ini.

Cukup tingginya angka anak penderita thalesemia ini membuat Wakil Bupati Zurdi Nata meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar dapat mengalokasikan anggaran pengobatan bagi anak-anak penderita thalasemia.

Mengingat anggaran untuk pengobatan anak penderita thalasemia ini menguras kantong orangtua. Terlebih lagi jika sang orangtua termasuk ekonomi menengah ke bawah.

"Saya berharap dinas kesehatan bisa mempelajari sistem panganggarannya. Apa lewat anggaran rutin dinas kesehatan, ataupun melalui mekanisme hibah. Jika bisa dilakukan tentu saya sangat mendukung APBD mengakomodir anggarannya," ujar Zurdi Nata. 

Untuk satu orang penderita thalasemia membutuhkan dana Rp 15 juta setiap tahunnya. Dana tersebut diperlukan agar penderita bisa menjalankan tranfusi darah. Agar sel darah merahnya bisa menjalan secara normal. 

Jadi dengan jumlah penderita sebanyak 14 orang, maka dalam setahun biaya penanganan medis penderita thalasemia mencapai Rp 210 juta.

Baca juga: Sekolah Negeri Kekurangan Siswa, di SMAN 3 Kepahiang Hanya Memiliki 3 Siswa Baru

Baca juga: Haru, Tangis Perpisahan Ratusan Santri Baru dan Orang Tua Tumpah di Ponpes Darussalam Kepahiang

Jumlah ini sangat mungkin bisa diakomodir APBD Kepahiang yang mencapai Rp 700 miliar lebih. 

"Dengan adanya gerakan peduli seperti ini, kita berharap ke depan di Kabupaten Kepahiang tidak ada lagi anak yang menderita thalasemia," ucapnya. 

Thalasemia adalah gangguan kelainan genetik pada sel darah. Penyebab thalasemia pada anak adalah kelainan genetik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved