Kasus Hewan Ternak Terjangkit PMK di Rejang Lebong Tinggal Tersisa 322 Ekor dari 1.065 Kasus

Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, mencatat jumlah ternak di wilayah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif Penyaki

Ho/TribunBengkulu.com
Kepala Distankan Rejang Lebong bersama tim satgas PMK Rejang Lebong saat mengecek Pasar Hewan Curup di Kecamatan Curup Tengah waktu lalu, kini kasus PMK tersisa 322 ekor dari 1.065 kasus 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, REJANG LEBONG - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, mencatat jumlah ternak di wilayah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersisa 322 ekor dari sebelumnya sebanyak 1.065 ekor. 


Kepala Distankan Rejang Lebong, Zulkarnain dalam keterangan tertulisnya, mengatakan ternak yang dinyatakan terkonfirmasi positif PMK ini jenis sapi dan kerbau tersebar di 5 kecamatan di Rejang Lebong.


"Pada Selasa 19 Juli 2022 kemarin, tercatat ada tambahan 27 ekor yang dinyatakan sembuh, dengan total seluruh yang dinyatakan sembuh sebanyak 729 ekor, untuk hewan yang masih positif PMK ada 322 kasus," ujarnya kepada Tribunbengkulu.com, pada Rabu (20/7/2022) 


Selain dinyatakan sembuh ada 7 ekor sapi yang dinyatakan mati dan 7 ekor lainya dipotong paksa, karena tidak bisa diobati lagi. 


Ia menjelaskan, dari 1.065 ekor yang dinyatakan positif PMK ini terdiri dari 999 ekor sapi, 16 ekor kambing dan 51 kerbaun. 


Selain mencatat 27 ekor yang dinyatakan sembuh, pihak Distankan juga mencatat 38 ekor baru, yakni Seguring 8 ekor Sapi dan 2 ekor Kerbau, Cawang Lama 12 ekor Sapi, Rimbo Recap 3 ekor Kerbau, Belitar Muka 10 ekor Sapi dan Belitar Sebrang 3 ekor sapi. 


Distankan meminta peternak yang ada di daerah itu agar tidak panik, jika menemukan ciri-ciri PMK segera melaporkan kepada petugas Distankan Rejang Lebong jika mendapati ternak mereka terjangkit PMK sehingga bisa diberikan penanganan dan pengobatan.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved