Dampak Petani Kompak Panen, Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Turun Rp 50 Tiap Kilogram

Setelah sempat naik, Harga TBS sawit hari ini, Jumat (22/7/2022) di Bengkulu Tengah kembali turun Rp 50 tiap kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah masih mengalami peningkatan, Jumat (22/7/2022). Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu turun Rp 50 tiap kilogramnya. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Setelah sempat naik, Harga TBS sawit hari ini, Jumat (22/7/2022) di Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu kembali turun Rp 50 tiap kilogram.

Menurunnya harga TBS sawit ini dikarenakan dalam beberapa hari terakhir pasokan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan pasokan TBS sawit ini disebabkan para petani kelapa sawit secara serentak melakukan panen dikarenakan harga TBS sawit mulai mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Namun, dampak pasokan TBS sawit yang terus mengalami peningkatan, harga TBS di salah satu PKS di Bengkulu Tengah mengalami penurunan harga.

"Hari ini harga TBS sawit di PT Palma Mas Sejati mengalami penurunan harga Rp 50 per kilogram, dari harga Rp 1.220 menjadi Rp 1.170 per kilogram," ujar Denny salah satu supplier TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah kepada TribunBengkulu.com, Jumat (22/7/2022).

Jika pasokan TBS sawit masih mengalami peningkatan hingga beberapa hari ke depan, diprediksi PKS lainnya juga akan menurunkan harga.

"Saat ini dua PKS lain belum menurunkan harga, tapi kalau kondisi TBS sawit berlimpah seperti ini terus maka PKS lain juga akan menurunkan harga," ungkap Denny.

Denny pun menyarankan agar para pengumpul TBS sawit dari para petani memberlakukan jadwal panen bagi para petani.

"Kalau sudah di jadwalkan panennya, saya rasa tidak akan terjadi penumpukan pasokan TBS sawit, yang menyebabkan harga TBS sawit turun," kata Denny.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved