Harga TBS Sawit Masih Bertahan Rp 1.230 per kilogram, Antrean Truk di Pabrik Sawit Ini Mengular 

Salah satu pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah belum menurunkan harga TBS sawit sejak beberapa hari yang lalu.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di PT Agra Sawitindo mengular hingga satu kilometer, Senin (25/7/2022). Harga TBS sawit di pabrik ini masih bertahan di angka Rp 1.230 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Salah satu pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah belum menurunkan harga TBS sawit sejak beberapa hari yang lalu. 

PKS tersebut yakni PT Agra Sawitindo. Masih bertahannya harga TBS sawit di angka Rp 1.230 per kilogram menyebabkan baik para petani maupun pengumpul TBS sawit di Bengkulu Tengah ramai-ramai menjualkan TBS sawitnya ke PKS tersebut. Membuat antrean TBS di PKS ini mengular hingga satu kilometer pada Senin (25/7/2022). 

Sebelumnya, di dua PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah menurunkan harga TBS sawit Rp 50 tiap kilogram akibat menumpuknya TBS sawit dari para petani. 

"Kalau di PT Palma Mas Sejati hari ini tidak terlalu banyak pasokan TBS sawit, karena mereka banyak menjual ke PT Agra Sawitindo," ujar Denny salah satu supplier TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Untuk di PT Agra Sawitindo harga TBS masih bertahan di harga Rp 1.230 per kilogram, sedangkan di PT Citra Sawit Lestari dan PT Palma Mas Sejati harga telah turun menjadi Rp 1.170 per kilogram. 

"Jangankan jarak harga Rp 60 per kilogram, jarak Rp 20 per kilogram saja membuat petani atau pengumpul TBS beralih PKS," kata Denny. 

Bukan tanpa alasan, jarak Rp 60 per kilogram tersebut sangat terasa di dunia usaha persawitan, sebab penjualan TBS sawit selalu dalam jumlah besar. 

"Kalau Rp 60 per kilogram, jika dilalikan 10 ton, maka perbedaan keuntungannya mencapai Rp 600 ribu," ucap Denny. 

Baca juga: Hendri Donal Resmi Jabat Pj Sekda Bengkulu Tengah, Roda Pemerintahan dan Anggaran Jadi Atensi

Baca juga: Giliran Harga TBS Sawit di Kaur Turun Rp 40 tiap Kilogramnya, Antrean Masih Mengular

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved