Harga TBS Sawit Anjlok Sementara Pupuk Mahal, Petani: Pakai Bunga Tanah Saja, Doa dan Sabar

Harga TBS sawit yang terus anjlok dalam satu bulan terakhir membuat para petani di Kabupaten Bengkulu Tengah terpaksa tidak melakukan pemupukan.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang terus anjlok dalam satu bulan terakhir membuat para petani di Kabupaten Bengkulu Tengah terpaksa tidak melakukan pemupukan.

Saat ini harga pupuk di Provinsi Bengkulu telah menyentuh harga Rp 950 ribu per 50 kilogram dan hal tersebut sangat memberatkan para petani. Berbanding terbalik dengan harga TBS sawit yang turun.

Harga TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Bengkulu Tengah tertinggi hanya menyentuh harga Rp 1.230 per kilogram.

"Sekarang sawit kita itu hanya mengandalkan pupuk alami saja, pakai bunga tanah ditambah doa dan sabar. Kalau untuk beli pupuk biasa sudah tidak mampu lagi kita," ungkap Frans salah satu petani di Bengkulu Tengah, Rabu (27/7/2022).

Dengan harga TBS sawit sebesar Rp 1.230 per kilogram, Frans mengakui jika tidak dibelikan pupuk maka dirinya masih mendapatkan keuntungan.

"Dari harga tersebut, dipotong upah panen Rp 300 per kilogram, ditambah biaya operasional mobil Rp 100 per kilogram, ditambah lagi biaya perawatan kebun sebesar Rp 100 per kilogram, sehingga kami masih mendapatkan keuntungan Rp 720 per kilogram," ujar Frans.

Namun hitungan tersebut jika petani menjualkan TBS sawit secara langsung ke PKS yang ada, jika melalui pengumpul atau tauke harus dipotong lagi Rp 300 per kilogram.

"Kalau lewat tauke lagi, kita hanya menerima keuntungan paling Rp 420 per kilogram. Makanya kami belum bisa membeli pupuk saat ini," kata Frans.

Frans pun berharap agar harga TBS sawit bisa segera kembali meningkat dan membuat kehidupan para petani kelapa sawit menjadi lebih baik.

Baca juga: Kumpulan Link Twibbon HUT ke-1143 Kota Kediri 27 Juli 2022 dengan Bingkai Twibbon Aesthetic

Baca juga: Jadwal Film Bioskop Bengkulu Hari Ini di Bencoolen XXI dan 21 Bengkulu, Rabu (27/7/2022)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved