Antisipasi Data Pemilih Tak Valid, KPU Bengkulu Tengah Ajak Warga Pakai Aplikasi Lindungi Hakmu

Demi mendapatkan data pemilih yang valid, KPU RI meluncurkan super aplikasi bernama Lindungi Hakmu pada Januari 2022 lalu.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Ho/TribunBengkulu.com
Komisioner KPU Bengkulu Tengah Divisi Perencanaan Data dan Informasi Nora Agustin menjelaskan mengenai aplikasi Lindungi Hakmu, Kamis (28/7/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Demi mendapatkan data pemilih yang valid, KPU RI meluncurkan super aplikasi bernama Lindungi Hakmu pada Januari 2022 lalu.

KPU Kabupaten Bengkulu Tengah pun turut mengajak masyarakat untuk menggunakan aplikasi Lindungi Hakmu agar dapat memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

Komisioner KPU Bengkulu Tengah Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Nora Agustin mengajak seluruh masyarakat Bengkulu Tengah untuk menggunakan aplikasi Lindungi Hakmu yang dapat didownload di PlayStore.

"Penggunaan aplikasi ini selain digunakan untuk mengecek daftar pemilih. Juga bisa digunakan untuk mendaftar sebagai pemilih baru dan melaporkan jika ada keluarga yang sudah tidak memenuhi syarat sebagai pemilih," ujar Nora kepada TribunBengkulu.com, Kamis (28/7/2022).

Terkait pendaftaran pemilih baru melalui aplikasi, dapat dilakukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan, yang nantinya akan dilakukan pengecekan secara faktual oleh pihak KPU Bengkulu Tengah.

"Selain mendaftar sebagai pemilih baru, masyarakat juga bisa melakukan perubahan data jika ada data yang salah atau berubah tentu dengan melampirkan bukti administrasi yang sah," ungkap Nora.

Baca juga: Ini Profil 12 Calon Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu, Anggota KPU Mendominasi

Baca juga: Jelang Pesta Demokrasi 2024, Pemutakhiran Data Pemilih PR KPU Kota Bengkulu, Cek DPB!

KPU Bengkulu Tengah juga telah melakukan sosialisasi aplikasi Lindungi Hakmu dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bengkulu Tengah serta partai politik beberapa waktu lalu.

Agar masyarakat bisa mengetahui dan menggunakan aplikasi Lindungi Hakmu.

Nora Agustin menambahkan, berdasarkan data pemilih berkelanjutan periode Juni 2022  terdapat 83.793 pemilih di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Terdapat 14 pemilih baru dan 9 pemilih tidak memenuhi syarat yang tersebar di 11 kecamatan.

"Untuk pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini kita lakukan setiap bulan, dengan harapan data yang akan difaktualkan pada saat tahapan pemilu serentak 2024 nanti sudah menjadi data yang valid," ucap Nora.

Karena pentingnya validasi data dalam pemilu, Nora berharap masyarakat bisa turut aktif dalam aplikasi Lindungi Hakmu.

"Aplikasi ini tentu sangat mudah dan jelas dalam penggunaannya, sehingga masyarakat bisa sangat terbantu jika ada permasalahan Terkait data pemilih," ujar Nora.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved