Harga CPO Naik Rp 400 tiap Kilogram, Harga TBS Sawit Hanya Naik Rp 40 tiap Kilogramnya

Sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah akhirnya menaikan harga TBS sawit setelah bertahan selama satu pekan.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Pasokan TBS sawit di PT Palma Mas Sejati masih mengalami penurunan akibat harga TBS sawit yang masih rendah, Jumat (29/7/2022). Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Tengah naik Rp 40 hingga Rp 50 tiap kilogramnya 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang berada di Kabupaten Bengkulu Tengah akhirnya menaikan harga tandan buah segar (TBS) sawit setelah bertahan selama satu pekan terakhir, Jumat (29/7/2022). 

Kenaikan harga TBS sawit ini menyusul melonjaknya harga Crude Palm Oil (CPO) di tender PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) pada Kamis (28/7/2022) yang menyentuh harga Rp 9.825 per kilogram. 

Harga CPO di PT KPBN mengalami peningkatan sebesar Rp 400 per kilogram jika dibandingkan dengan harga CPO pada Rabu (27/7/2022) yang berada di harga Rp 9.425 per kilogram. 

Usai harga CPO mengalami peningkatan, kompak seluruh PKS di Kabupaten Bengkulu Tengah menaikkan harga TBS sawit sebesar Rp 40 hingga Rp 50 tiap kilogramnya. 

"Untuk hari ini harga TBS sawit mengalami peningkatan di seluruh PKS yang ada di Bengkulu Tengah, harga tertinggi saat ini menyentuh harga Rp 1.270 per kilogram," ujar Takril salah satu supplier TBS sawit yang ada di Bengkulu Tengah

Diketahui untuk di PT Palma Mas Sejati mengalami peningkatan harga TBS sebesar Rp 50 per kilogram, dari harga Rp 1.170 menjadi Rp 1.220 per kilogram. 

Baca juga: Harga TBS Sawit Bengkulu Selatan dan Kaur Stagnan, Tertinggi Rp 1000 di Petani, 1 Pabrik Tutup

Baca juga: Harga TBS Sawit di Pabrik Seluma Masih Bertahan Tertinggi Rp 1.200 per Kilogram

Untuk di PT Citra Sawit Lestari juga mengalami peningkatan harga sebesar Rp 40 dari harga Rp 1.210 menjadi Rp 1.250 per kilogram. 

Sedangkan untuk harga TBS sawit di PT Agra Sawitindo mengalami peningkatan harga sebesar Rp 40 dari harga Rp 1.230 menjadi Rp 1.270 per kilogram. 

Dari pantauan TribunBengkulu.com, pasokan TBS sawit di PT Palma Mas Sejati masih mengalami penurunan, berbanding terbalik dengan pasokan TBS sawit di PT Agra Sawitindo dan PT Citra Sawit Lestari yang menumpuk. 

"Pasokan di PT Palma Mas Sejati ini menurun karena harga TBS sawit yang rendah, sehingga banyak para petani yang menjualkan TBS sawitnya ke PKS lain," ungkap Takril.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved