Harga TBS Sawit Bengkulu Selatan dan Kaur Stagnan, Tertinggi Rp 1000 di Petani, 1 Pabrik Tutup

Update harga Tanda Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hingga kini belum ada perubahan.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut TBS sawit di PT SBS Kabupaten Bengkulu Selatan masih mengular, Jumat (29/7/2022). Harga TBS sawit pun masih sama hari ini belum juga ada kenaikan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Update harga Tanda Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hingga kini belum ada perubahan.

Tertinggi harga TBS sawit hari ini di tingkat petani wilayah Bengkulu Selatan dan Kaur di angka Rp 1.000 per kilogram.

Meskipun harga TBS sawit rendah tapi antrean truk sawit di sejumlah pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur masih mengular.

Akibat antrean truk ini dan TBS lagi banyak, salah satu Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dari empat pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur menghentikan sementara pembelian buah alias menutup pabrik.

Humas PT BSL, Idius Safari mengatakan akibat tidak adanya lagi penampungan produksi Crude Palm Oil (CPO), mulai dari hari ini Jumat (29/7/2022) PT BSL menghentikan sementara pembelian TBS dari petani maupun dari supplier.

"Kalau harga masih seperti sebelumnya belum turun dan belum naik, masih diangka Rp 980 per kilogramnya. Tetapi kami menutup produksi cpo hari ini, tangki timbun kami penuh," jelas Idius kepada TribunBengkulu.com, Jumat (29/7/2022).

Penutupan atau penyetopan pembelian bukan keinginan pabrik, namun terpaksa dilakukan.

Mengingat kondisi penjualan CPO atau pengeluaran CPO sudah tiga hari tidak bisa dilakukan disebabkan alat transportasi berupa truk angkut terbatas.

Sementara, tiga PKS lainya, PT CBS, PT SBS dan PT APLS hingga kini masih beroperasi. Masih melayani pembelian buah dari luar. Antrean truk pun mengular hingga ke jalan lintas.

Sedangkan, harga TBS saat ini di PT CBS tertinggi tetap diangka Rp 1.250 perkilogram dan terendah di angka Rp 1.080 per kilogram.

Begitupun harga beli buah di PT SBS juga belum ada perubahan tetap diangka Rp 1.100 per kilogram. Dan PT APLS juga tetap di angka Rp 1.210 per kilogram membeli buah sawit hari ini.

Informasi diperolah TribunBengkulu.com, dalam dua hari ke depan giliran PT CBS juga akan menghentikan sementara pembelian atau produksi CPO.

Lantaran, dalam kondisi tangki timbun nyaris penuh. Sementara CPO belum bisa dikeluarkan.

Baca juga: Harga Emas Hari Ini di Bengkulu Melejit, Cek Rincian Harga Antam dan UBS dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved