KPU Kepahiang Sosialisasi Peraturan Tentang Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu

Partai politik calon peserta pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Kepahiang, diharapkan memahami betul tentang PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran

Panji Destama/TribunBengkulu.com
KPU Kepahiang gelar sosialisasi pendaftaran parpol peserta pemilu sesuai PKPU No 3 dan 4 tahun 2022 dan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), di Aula KPU Kabupaten Kepahiang, pada Jum'at (29/7/2022) 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama

TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Partai politik calon peserta pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Kepahiang, diharapkan memahami betul tentang PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu.


Hal ini dikarenakan pekan depan tepatnya 1-14 Agustus 2022, pendaftaran parpol mulai dilakukan sebagai bagian tahapan penting pelaksanaan Pemilu 2024.


KPU Kepahiang pun melakukan sosialisasi terkait hal ini kepada jajaran perwakilan partai politik ditingkat pengurusan Kabupaten Kepahiang, Kamis (28/7/2022).


"Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap para calon peserta pemilu ini, agar para calon ini paham apa yang harus dikerjakan tentang mekanismenya nanti," ujar Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, sesuai ditemui selepas acara. 


Mirzan menjelaskan, pada tahapan proses pendaftaran nanti yang banyak berperan memang KPU RI, karena sekarang dilakukan secara terpusat. 


Sementara untuk pihaknya, akan terlibat dalam proses verifikasi faktual kepengurusan pasca pendaftaran nanti. Hal ini berbeda dari teknis pelaksanaan pemilu pada Pemilu 2019 lalu. 


"Pendaftaran Pemilu 2024 ada pada tingkat pusat oleh parpol tingkat pusat, semua berkasnya nanti diunggah melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sehingga tidak ada berkas dalam bentuk hardcopy," jelasnya.


Meski demikian, pihaknya juga sudah banyak melakukan persiapan Pemilu 2024 mendatang, di bulan Oktober 2022 hingga Januari 2023 nanti pihak KPU Kepahiang Akan mulai merekrut Ad Hoc. 


Hal ini dilakukan, guna menyambut dan membangun sistem kerja yang efektif untuk mempersiapkan tahapan pemilu 2024.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved