Proses Verifikasi Faktual Parpol Langsung Dilakukan KPU RI, KPU Bengkulu Tengah Gelar Sosialisasi

Tahapan pendaftaran, verifikasi faktual dan penetapan partai politik (Parpol) akan dimulai Senin

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Proses Verifikasi Faktual Parpol Langsung Dilakukan KPU RI, KPU Bengkulu Tengah Gelar Sosialisasi
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Foto bersama Komisioner KPU Bengkulu Tengah bersama perwakilan parpol usai mengikuti sosialisasi di Bengkulu Tengah, Sabtu (30/7/2022)

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Tahapan pendaftaran, verifikasi faktual dan penetapan partai politik (Parpol) akan dimulai Senin (1/8/2022) mendatang.

Menyikapi hal tersebut KPU Bengkulu Tengah melakukan sosialisasi kepada seluruh parpol yang terkonfirmasi di Bengkulu Tengah, Sabtu (30/7/2022).

"Total ada 20 parpol yang terkonfirmasi dengan kita dan hari ini kita sosialisasikan karena ada beberapa perubahan dalam PKPU yang terbaru," ujar Ketua KPU Bengkulu Tengah Brotoseno kepada TribunBengkulu.com, Sabtu (30/7/2022).

Beberapa perubahan yang terjadi dalam tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol yakni langsung dilakukan oleh pihak KPU RI bukan lagi dilakukan KPU Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Nantinya, seluruh berkas pendaftaran akan diinput langsung ke aplikasi Sistem informasi politik (Sipol) kemudian yang akan menentukan sample verifikasi akan melalui aplikasi, sehingga kecil kemungkinan ada permainan," ungkap Broto.

Setelah mendapat sample untuk dilakukan verifikasi faktual baru lah pihak KPU Kabupaten Bengkulu Tengah akan turun ke lapangan dan melaporkan hasilnya melalui aplikasi.

"Untuk parpol yang telah memenuhi ambang batas parlemen minimal sebesar 4 persen dari jumlah kursi DPR RI tidak dilakukan verifikasi faktual di tingkat Kabupaten," ujar Broto.

Diketahui ada 8 parpol yang tidak akan dilakukan verifikasi faktual di tingkat Kabupaten yakni Partai Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PKS, PAN dan PPP.

"Jika nanti ada kekurangan temuan atau permasalahan dari 8 parpol tersebut maka KPU RI akan menunjuk KPU Kabupaten untuk memverifikasi di lapangan, sedangkan untuk parpol lainnya akan langsung dilakukan verifikasi faktual," kata Brotoseno.

Foto : Foto bersama Komisioner KPU Bengkulu Tengah bersama perwakilan parpol usai mengikuti sosialisasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2024 di Bengkulu Tengah, Sabtu (30/7/2022).

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved