Pimpinan Al Qaeda Tewas

Antisipasi Dampak Tewasnya Pimpinan Al Qaeda, BNPT Perkuat Pengawasan Dalam Negeri

Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri tewas oleh tembakan dua rudal Hellfire dari drone Amerika Serikat (AS) di Kabul, Afghanistan.

Editor: Hendrik Budiman
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar saat memberikan sambutan dalam acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022). 

TRIBUNBENGKULU.COM - Mengatasi dampak tewasnya Pimpinan Al Qaeda, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar berharap tidak berpengaruh signifikan terhadap stabilitas dalam negeri.

Pemimpin Al Qaeda Ayman Al Zawahiri tewas oleh tembakan dua rudal Hellfire dari drone Amerika Serikat (AS) di Kabul, Afghanistan.

“Ya tentu kita kalau bicara dampak kita berharap tidak ada dampak. Kan itu di luar wilayah kita ya. Tentu harapan kita bersama tidak memberikan dampak yang signifikan,” kata Boy Rafli Amar selepas acara Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional BNPT di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2022).

Boy Rafli tidak menganggap enteng kabar kematian pimpinan kelompok teroris di timur tengah itu.

Pihaknya akan tetap melakukan penguatan kewaspadaan terkait potensi terorisme di Tanah Air.

“Kita tidak underestimate terhadap perkembangn peristiwa itu dan adalah sesuatu yang wajar. Kita semua tetap melakukan penguatan kewaspadaan bersama,” ujarnya.

Baca juga: Berawal Teriakan Putri Candrawathi, Bharada E Lesatkan Tembakan Mati ke Brigadir J

Pihaknya akan meninjau lebih jauh terkait kabar kematian Ayman Al Zawahiri.

Terlebih, Zawahiri menjadi pemimpin Al-Qaeda saat pemimpin sebelumnya, Osama bin Laden, tewas dalam serangan Amerika Serikat pada 2011.

BNPT akan terus melakukan penguatan deteksi dini dan berkelanjutan terhadap potensi yang berkembang di masyarakat terkait kabar kematian pimpinan kelompok teroris di Timur Tengah itu.

Baca juga: Densus 88 Tangap 1 Terduga Teroris Jamaah Islamiyah di Magetan, Pernah Latihan Militer di Suriah

“Jadi selama ini terhadap kelompok-kelompok yang memang mejadi perhatian yang terafiliasi itu menjadi fokus perhatian kami bersama dengan aparat penegak hukum dan bahkan juga dengan elemen masyarakat,” tuturnya.

Mengutip Kompaa.com, Ayman Al Zawahiri, pemimpin Al Qaeda, tewas oleh tembakan dua rudal Hellfire dari drone Amerika Serikat (AS) di Kabul, Afghanistan.

Namun, tidak seperti tembakan rudal pada umumnya, pemimpin Al Qaeda tewas tanpa tanda-tanda ledakan di rumahnya.

Para pejabat AS juga mengatakan bahwa tidak ada orang lain yang terluka saat pemimpin Al Qaeda tewas.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved