Festival Tabut Bengkulu 2022

Ikut Meriahkan Festival Tabut Bengkulu 2022, Ketab Kebut Pembuatan Tabut Pembangunan

Semangat memeriahkan Festival Tabut Bengkulu 2022 juga ditunjukan warga Bengkulu.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Tabut pembangunan yang akan menghiasi sepanjang jalan antara Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu dan View Tower pada pembukaan Festival Tabut Bengkulu 2022 dihadiri Menparekraf RI Sandiaga Uno, Selasa malam (2/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Semangat memeriahkan Festival Tabut Bengkulu 2022 ditunjukan warga Bengkulu.

Termasuk oleh Kerukunan Tabut Budaya (Ketab) yang hari ini, Selasa (2/8/2022) siap memamerkan 8 tabut pembangunan pada Festival Tabut Bengkulu 2022 di Lapangan Merdeka.

Tabut pembangunan dipajang untuk menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno yang malam nanti akan menghadiri Festival Tabut Bengkulu 2022, Selasa (2/8/2022).

Nursiwa, perwakilan Tabut Ketab menjelaskan antusiasme mereka dengan kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno malam nanti.

Sehingga dengan kekompakan dari Ketab t bisa menyelesaikan pembuatan 8 tabut pembangunan dengan waktu yang lebih cepat. 

Baca juga: Sandiaga Uno Hadiri Festival Tabut Bengkulu 2022, Dinas Pariwisata Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Baca juga: BREAKING NEWS: Sandiaga Uno Tiba di Bengkulu, Disambut Gubernur Rohidin Mersyah

"Sebenarnya ini belum keluar, biasanya kan itu bareng tabut bersanding. Pada tanggal 9 malam (malam 10 Muharam, red). Tapi karena semangat ingin ikut memeriahkan festival ini, ya kita kebut," kata Nursiwa, Selasa (2/8/2022). 

Dijelaskannya, dari 16 tabut untuk memeriahkan Festival Tabot 2022 itu. Tabut Ketab sendiri menampilkan 8 tabut pembangunan buatan mereka. Termasuk 1 tabut dari Dispar Provinsi Bengkulu.

Jumlah ini hampir separuh dari jumlah tabut yang akan dijejerkan di sekeliling Lapangan Merdeka sebagai lokasi pembukaan Festival Tabut Bengkulu 2022, Selasa malam (2/8/2022). 

"Ini pengerjaan tabutnya dikebut, sekitar dua minggu kita bisa selesaikan ini, " jelasnya. 

Setelah kunjungan kerja dari Desa Belitar Seberang, Rejang Lebong, Menparekraf, Sandiaga Uno diagendakan akan membuka  Festival Tabut di Lapangan Merdeka. Berlokasi di bawah View Tower Bengkulu

Nantinya, pembukaan tersebut akan ditandai dengan  penabuhan alat musik tradisional Bengkulu, Dol. Bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Selain dol, festival ini juga dimeriahkan dengan tari Soja, story' of Tabut, tari melayu bujang gadis Bengkulu, pertunjukan ikan-ikan, dan kesenian lainnya. 

Dari pantauan TribunBengkulu.com, jalan yang mengapit view tower dan gedung daerah sejak pagi tadi tutup sementara.

Hal ini dilakukan untuk mensterilkan lokasi pembukaan Festival Tabut yang diagendakan dibuka secara resmi pukul 19.30 WIB. 

Selain itu, demi keamanan berlangsungnya acara nanti malam. Pihaknya Pemprov Bengkulu juga memasang waring disekitar bangunan View Tower.

Mengingat kondisi View Tower ini mengkhawatirkan dengan korosi di sejumlah sisinya. Sehingga dikhawatirkan akan jatuh, atau berpotensi melukai pengunjung di sekitar sana. 

Begitupun dengan para pedagang di sekitar View Tower juga dipindahkan untuk sementara waktu hingga pembukaan Festival Tabut 2022 malam nanti. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved