Pembunuhan Serka Halil

Rekonstruksi Pembunuhan Serka Halil di Polda Bengkulu: Ada 34 Adegan, Termasuk saat Korban Dibacok

Satreskrim Polres Seluma menggelar rekonstruksi pembunuhan Serka Halil Putra, anggota Kodim 0425/Seluma, Selasa (2/8/2022) pagi.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
Romi Juniandra/TribunBengkulu.com
Tersangka S, saat rekonstruksi adegan pembunuhan Serka Halil Putra di Polda Bengkulu, Selasa (2/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Satreskrim Polres Seluma menggelar rekonstruksi pembunuhan Serka Halil Putra, anggota Kodim 0425/Seluma, Selasa (2/8/2022) pagi.

Rekonstruksi pembunuhan Serka Halil ini digelar di lapangan Rekonfu Mapolda Bengkulu, mulai pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB.

Dari pihak TNI, hadir untuk menyaksikan jalannya rekonstruksi pembunuhan Serka Halil adalah Dandenpom II/1 Bengkulu, Letkol Cpm Edi Mulyanto. Namun, Edi menegaskan kasus ini seluruhnya kewenangan dari Polres Seluma.

Kasat Reskrim Polres Seluma, AKP Dwi Handoyo mengatakan secara total, ada 34 adegan yang ditampilkan dalam rekonstruksi ini.

Adegan sendiri dimulai dengan memperlihatkan tersangka, S, pergi ke salah satu pondok kecil di kebun sawit miliknya, yang terletak di kawasan Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Kebur, Kecamatan Seluma Kota, Seluma.

Kemudian, di pondok kecil, tersangka sempat mengasah dulu parang yang digunakannya untuk berkebun.

Tak lama, datanglah korban, Serka Halil Putra. Dalam adegan rekonstruksi, korban dan tersangka sempat cekcok mulut, dan korban sempat menantang tersangka untuk membacok.

"Aku tidak mau, sudah tua. Kalau ada kasus, tolong dihabiskan," ujar tersangka S dalam adegan rekonstruksi, menjawab tantangan korban.

Kemudian, terjadi peristiwa pembacokan. Di mana korban dan tersangka diadegankan saling bacok.

Ada juga adegan di mana korban sempat mengejar tersangka yang berlari mengitari pohon, sebelum akhirnya, korban terjatuh dan terguling.

Usai membacok korban, tersangka kembali ke pondok besar kebunnya, mengambil sepeda motor, dan pulang ke rumah.

Di rumah, tersangka sempat menemui anak perempuannya, dan berpesan untuk mengambil peralatan miliknya, dan mengatakan jika ia baru saja membunuh Serka Halil.

Setelahnya, tersangka S dengan menggunakan sepeda motor datang ke Mapolres Seluma, dan melaporkan dirinya baru saja membunuh orang.

"Adegan rekonstruksi, secara garis besar sudah sesuai dengan apa yang kami temukan," kata Dwi Handoyo kepada TribunBengkulu.com.

Baca juga: Siap-siap, Jumat 5 Juli 2022, Bengkulu Mulai Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Dosis IV

Baca juga: Aktivis HAM Minta Polri Transparan dan Akuntabel Usut Kasus Brigadir J Yang Masih Misterius

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved