Siap-siap, Jumat 5 Agustus 2022, Bengkulu Mulai Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Dosis IV

Pemprov Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis IV atau booster ke II.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan vaksinasi Covid-19 dosis IV atau booster II di Bengkulu dimulai Jumat ini 5 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pemprov Bengkulu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis IV atau booster ke II.

Dikatakan Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis IV ini akan mulai dilaksanakan pada hari Jumat, 5 Agustus 2022 mendatang.

Untuk tahap awal, vaksinasi Covid-19 dosis ke IV akan menyasar para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Provinsi Bengkulu.

"Pelaksanaan vaksinasi akan kita lakukan secara serentak se-provinsi Bengkulu di seluruh Fasyankes (Fasilitas Layanan Kesehatan) yang ada di Provinsi Bengkulu," ungkap Herwan.

Ada beberapa jenis vaksin yang bisa digunakan untuk penyuntikan vaksinasi dosis ke IV ini.

Di antaranya jenis Pfizer, Moderna dan Sinovac, menyesuaikan dengan ketersediaan jenis vaksin yang ada di gudang penyimpanan.

"Jenis vaksin yang nanti akan dipakai pada hari Jumat itu adalah jenis vaksin Pfizer," kata Herwan.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ke IV secara perdana ini akan menyasar sebanyak 15.000 nakes yang ada di Provinsi Bengkulu.

Walaupun memang tidak semuanya akan disasar, mengingat masih ada beberapa nakes yang tidak memenuhi syarat untuk diberi vaksin.

Untuk menerima vaksinasi dosis IV ini tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, tentunya yang pertama sudah melakukan vaksinasi booster atau dosis ke III.

"Selain itu, jarak melakukan vaksinasi berjarak sekitar 6 bulan dan berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter layak untuk diberi vaksin dosis ke IV," ujar Herwan.

Sementara itu terkait keamanan atau resiko dari vaksinasi dosis ke IV ini, pemerintah menjamin keamanannya.

Herwan memastikan ini aman untuk tubuh manusia sebab telah melalui uji klinis dan telah mendapatkan rekomendasi dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Untuk jumlah vaksin yang telah disediakan sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada di Provinsi Bengkulu," kata Herwan.

Baca juga: Sandiaga Uno Hadiri Festival Tabut Bengkulu 2022, Dinas Pariwisata Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Baca juga: Update Harga Emas di Bengkulu Selasa 2 Agustus 2022: Harga Emas Antam Turun dan UBS Tetap

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved