Dewan Ingatkan Pemkot Bengkulu, Lunasi Utang BJB Tepat Waktu Sebelum Jabatan Helmi-Dedy Berakhir

Jelang akhir masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Bengkulu, Helmi Hasan-Dedy Wahyudi, DPRD Kota Bengkulu mengingatkan pimpinan Kota Bengkulu.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Jelang akhir masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Bengkulu, Helmi Hasan-Dedy Wahyudi, DPRD Kota Bengkulu mengingatkan agar pimpinan Kota Bengkulu ini dapat merealisasikan seluruh program. Termasuk komitmen untuk melunasi utang BJB di akhir tahun ini. 

"Juga untuk utang BJB itu ya pemerintah harus sesuai komitmen. Kita sudah atur regulasi pembayaran. Di 2022 kan sudah bayar sebagian,dan 2023 itu harus lunas sebelum masa jabatan berakhir," kata Marliadi. 

Tahun ini merupakan tahun terakhir sesuai dengan komitmen awal pinjaman sebesar Rp 150 miliar, harus diselesaikan angsuran pokok dan berikut bunganya. 

"Pembayaran utang di tahun ini, sekitar Rp 83 miliar plus bunga. Kalau tahun kemarin belum ada, baru pembayaran bunga," jelas Marliadi. 

Marliadi menyakini utang dengan BJB ini, dapat dilunasi sesuai target yang ditetapkan. Pasalnya, jumlah sisa angsuran ini tidak banyak. Bahkan hampir separuh dari nilai pinjaman awal. 

Untuk itu, pihaknya akan membahas hal ini dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun depan. Ia berpesan agar saat berakhir masa kepemimpinan Helmi - Dedy tidak sampai menyisakan utang. 

"InsyaAllah dalam dua pekan ini akan kita lakukan pembahasan, mudah mudah pertengahan Agustus sudah penandatanganan Mou, " paparnya. 

Untuk diketahui, pada 2021 lalu Pemkot Bengkulu sempat mengajukan penundaan pembayaran utang. Dikarenakan saat itu tengah dilakukan refocusing sebesar 8 persen. Sehingga dilaksanakan rasionalisasi anggaran di APBD Kota Bengkulu 2021 sebanyak Rp 22 miliar.

Baca juga: Takjub dengan Air Terjun di Desa Belitar Seberang, Sandiaga Uno Buka Sayembara Nama Air Terjun

Baca juga: Hasil Sidak, Komisi II DPRD Kota Bengkulu Dorong Pembangunan Akses Jalan Sawah di Area Danau Dendam

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved