Tindaklanjuti SE Menteri Zulhas, Bupati Gusnan Surati PKS Beli Sawit Rp 2.000 per Kilogram

Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi menyurati Pabrik Kelapa Sawit (PKS) agar membeli sawit di angka Rp 2.000 per kilogram.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut di salah satu PKS di Bengkulu Selatan masih tetap mengular meskipun harga TBS sawit masih murah. Bupati Gusnan pun sudah menyurati PKS agar membeli sawit di angka Rp 2.000 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan (BS) Gusnan Mulyadi menyurati Pabrik Kelapa Sawit (PKS) agar menerapkan harga beli TBS sawit di angka Rp 2.000 per kilogram.

Surat Edaran Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi soal harga TBS sawit di Bengkulu Selatan ini sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), beberapa waktu lalu.

Bupati Gusnan mengatakan surat edaran soal harga TBS sawit sudah disampaikan ke pabrik yang ada di Bengkulu Selatan.

Namun pemerintah daerah pun tidak bisa memaksakan agar pabrik mematuhi SE tersebut. 

Menurutnya karena persoalan harga TBS sawit ini adalah masalah nasional. Sehingga harus dibenahi dulu di atas.

"Sudah surat kita sampaikan ke setiap PKS, tetapi surat tersebut tidak bisa kita memaksakan harga harus diangka Rp 2.000 per kilo. Ini kan sudah saya sampaikan, ini adalah permasalahan nasional. Kalau kabupaten/kota hanya mengikuti," beber Gusnan kepada TribunBengkulu.com, Selasa (9/8/2022).

Kenapa di daerah lain sudah bisa di angka Rp 2.000? karena di daerah tersebut sudah bisa memproduksi barang mentah menjadi berang jadi seperti CPO diproduksi menjadi minyak goreng.

"Kalau mau membandingkan dengan daerah lain tidak bisa, mereka memang punya pabrik mengolah barang jadi. Alasan daerah kita belum bisa, karena penjualan memang susah saat ini kapal untuk mengangkut CPO terbatas," ungkap Gusnan.

Hingga hari ini dari empat PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, harga TBS sawit tertinggi di angka Rp 1.330 per kilogram dan terendah di angka Rp 980 perkilo.

Untuk diketahui, harga TBS sawit di PT CBS masih tetap di angka Rp 1.330 per kilogram tertinggi dan terendah diangka Rp 1.160 perkilo.

Lalu harga di PT APLS juga belum ada perubahan masih di angka Rp 1.210 per kilogram.

Dua PKS lagi yaitu, PT SBS membeli TBS di angka Rp 1.100 per kilogram dan PT BSL di angka Rp 980 per kilogram.

Terpantau, meskipun masih ada pembatasan pembelian buah TBS oleh PKS, antrean truk angkut masih tetap mengular.

Bahkan, tumpukan TBS di setiap supplier dan toke menggunung hingga tiga sampai empat hari baru bisa terjual ke pihak PKS.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved