Update Harga TBS Sawit di Pabrik Seluma: Belum Berubah, Harga Tertinggi Rp 1.435 per Kilogram

Harga TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Seluma hingga saat ini masih belum mengalami perubahan.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
TBS sawit siap jual. Harga TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Seluma hingga saat ini masih belum mengalami perubahan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Harga TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Seluma hingga saat ini masih belum mengalami perubahan.

Untuk harga TBS sawit tertinggi di tingkat pabrik Seluma, masih ada di angka Rp 1.435 per kilogram. Termasuk, pada hari ini, Selasa (9/8/2022).

Seperti di PT. Agrindo Indah Persada (AIP), Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, hari ini harga TBS sawit tetap bertahan di angka Rp 1.435 per kilogram.

Terakhir, di pabrik ini harga TBS sawit naik Rp 50 pada Senin (1/8/2022) lalu.

Sementara, di pabrik lain, seperti PT. Bengkulu Sawit Lestari (BSL), harga TBS sawit masih berada di angka 1,090, per kilogram. 

"Kalau pabrik Seluma belum ada perubahan. Pabrik di Bengkulu Tengah yang ada pergerakan harga," ujar pemilik Delivery Order (DO) atau toke di Desa Tanjung Seru, Seluma Selatan, Nizon kepada TribunBengkulu.com.

Dengan tidak bergeraknya harga di pabrik, maka harga beli ke petani oleh pemilik DO atau toke juga tidak mengalami perubahan.

Nizon sendiri masih membeli TBS sawit ke petani dengan harga tertinggi Rp 1.200 per kilogram.

Harga Rp 1.200 ini diberikan ke petani, dengan catatan petani membawa sendiri TBS sawit mereka ke tempat penimbangan atau ram. 

Jika Nizon harus menjemput ke lokasi, harganya akan di bawah Rp 1.200, dengan perbedaan Rp 100 tergantung lokasi.

Ditegaskan Nizon harga beli ke petani ini bisa berbeda antara dirinya dengan pemilik DO atau toke lain. Tergantung toke akan menjual ke pabrik yang mana.

Sementara, di kabupaten lain, harga TBS sawit mengalami kenaikan Rp 50, dan kini berada di angka tertinggi yakni Rp 1.430 per kilogram, seperti terpantau di PT. Gajah Sakti Sawit, Mukomuko.

Kenaikan harga TBS sawit ini dipicu oleh menurunnya pasokan TBS sawit dari para petani.

Baca juga: Kompak, Sejumlah PKS di Bengkulu Naikan Harga TBS Sawit Rp 50 - Rp 70 tiap Kilogram

Baca juga: Tindaklanjuti SE Menteri Zulhas, Bupati Gusnan Surati PKS Beli Sawit Rp 2.000 per Kilogram

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved