Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Lagi Rp 50, Dampak Harga CPO Melonjak

Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di sejumlah pabrik Bengkulu Tengah hari ini, Rabu (10/8/2022) naik Rp 50 tiap kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Mobil pengangkut sawit saat menunggu giliran untuk melakukan penimbangan di area PT Citra Sawit Lestari Bengkulu Tengah, Rabu (10/8/2022). Harga TBS sawit di sejumlah pabrik Bengkulu Tengah hari ini naik Rp 50 tiap kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di sejumlah pabrik Bengkulu Tengah hari ini, Rabu (10/8/2022) naik Rp 50 tiap kilogram.

Harga TBS sawit hari ini naik karena harga Crude Palm Oil (CPO) di tender PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) naik cukup signifikan dan menyentuh harga Rp 11.000 per kilogram, Selasa (9/8/2022).

Meski harga TBS sawit hanya mengalami peningkatan sebesar Rp 50 perkilogram, namun harga saat ini jauh lebih baik jika dibandingkan beberapa waktu lalu yang hanya menyentuh harga Rp 800 per kilogram untuk harga beli di petani.

Saat ini harga TBS sawit di sejumlah PKS di Bengkulu Tengah bervariasi mulai dari Rp 1.410 hingga Rp 1.440 per kilogram.

Hal ini disambut baik oleh sejumlah petani kelapa sawit di Bengkulu Tengah, sebab saat ini harga TBS sawit di tingkat petani menyentuh harga Rp 1.100 per kilogram.

"Asal jangan dibawah Rp 1.000 saja harga sawit ini, kalau sekarang kan sudah Rp 1.100, masih dapat juga meskipun belum mampu beli pupuk," ujar Sukarni salah satu petani sawit di Bengkulu Tengah.

Untuk diketahui harga TBS sawit di PT Agra Sawitindo belum mengalami peningkatan dan masih bertahan dengan harga Rp 1.410 per kilogram.

Sedangkan untuk di PT Palma Mas Sejati dan PT Citra Sawit Lestari harga TBS sawit mengalami peningkatan sebesar Rp 50 tiap kilogramnya.

Semula di PT Citra Sawit Lestari harga TBS sawit bertahan di harga Rp 1.390 hari ini menjadi Rp 1.440 per kilogram.

Untuk di PT Palma Mas Sejati harga TBS sawit dalam dua hari terakhir mengalami peningkatan setiap hari dan saat ini menyentuh harga Rp 1.410 per kilogram.

Baca juga: Mantan Wakil Bupati Bengkulu Tengah Ikut Aksi Demo Buruh Tolak UU Cipta Kerja

Baca juga: Belum Vaksin Covid-19? Gerai Vaksinasi Gratis di UPT Pelkes Bengkulu Buka Dua Kali Seminggu

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved