Tiga Pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur Naikan Harga TBS Sawit Rp 50 tiap Kilogramnya

Setelah tiga minggu harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur tak naik-naik, hari ini Rabu (10/8/2022) tiga pabrik menaikan harga Rp 50 tiap kg nya

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut TBS sawit di PT SBS masih mengular panjang hingga kiloan meter, Rabu (10/8/2022). Sejumlah pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini menaikan harga TBS sawit. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Setelah tiga minggu harga Tanda Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur tak naik-naik, hari ini Rabu (10/8/2022) tiga Pabrik Kelapa Sawit (PKS) menaikan harga Rp 50 tiap kilogramnya.

Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman membenarkan jika hari ini PT CBS menaikan harga TBS sawit diangka Rp 50 tiap kilogramnya.

"Iya benar naik pak, sebelumnya (harga TBS sawit) di angka Rp 1.330 per kilogram hari ini menjadi Rp 1.380 per kilogram untuk wilayah Bengkulu Selatan. Dua wilayah lagi sama naik Rp 50 menjadi Rp 1.300 dan 1.210 per kilogram," jelas Yuliman kepada TribunBengkulu.com, Rabu (10/8/2022).

Dua PKS lainya, seperti PT SBS sebelumnya membeli TBS diangka Rp 1.100 kini di angka Rp 1.150 per kilogram. Dan PT APLS sebelumnya di angka Rp 1.310 hari ini berubah di angka Rp 1.360 per kilogram.

Sementara PT BSL hingga kini belum juga menaikan harga TBS sawit, tetap diangka Rp 980 per kilogram.

Baca juga: Bupati Daerah Penghasil Sawit Usulkan Rancangan Undang-Undang Sawit ke Pemerintah Pusat

Pantauan TribunBengkulu.com, antrean mengular masih terus terjadi di sejumlah pabrik yang ada di Bengkulu Selatan dan kaur. Akibat dilakukan pembatasan pembelian buah TBS oleh PKS.

Untuk diketahui, PT SBS setiap hari hanya mampu membeli buah TBS sebanyak 600 ton atau dikalkulasikan hanya 60 unit truk.

Sedangkan PT BSL lebih sering menutup pembelian TBS saat ini dan lebih sedikit dibandingkan PKS yang lain, hanya diangka 300 ton perhari. Pembelian buah TBS pun hanya dilakukan setengah hari.

Di sisi lain, PT CBS dan APLS yang berada di Kabupaten Kaur, tidak melakukan pembatasan pembelian buah TBS sawit.

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Lagi Rp 50, Dampak Harga CPO Melonjak

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved