Harga Sawit

Satu Pabrik di Bengkulu Tengah Tutup Alasan Tangki CPO Penuh, Harga TBS Sawit Masih Murah

Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Tengah masih sama, masih di kisaran angka Rp 1.400 per kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
TBS sawit hasil sortir salah satu pabrik kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kamis (11/8/2022). Harga TBS sawit di Bengkulu Tengah masih sama, belum ada kenaikan lagi. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Tengah masih sama, masih di kisaran angka Rp 1.400 per kilogram.

Meskipun harga TBS sawit di Bengkulu Tengah sempat naik Rp 50 tiap kilogramnya, namun salah satu pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah menutup operasi alias tidak melakukan pembelian TBS sawit dari petani.

PKS tersebut yakni PT Agra Sawitindo yang berada di Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah. Ini diperkirakan dapat mempengaruhi harga TBS sawit di Bengkulu Tengah.

PT Agra Sawitindo tidak beroperasi pada hari ini (11/8/2022) lantaran tidak melakukan penjualan crude palm oil (CPO) selama dua pekan terakhir.

"Saya kira akan melakukan pembongkaran CPO tadi malam, ternyata tidak makanya hari ini tutup," ujar Denny salah satu supplier TBS sawit di Bengkulu Tengah, Kamis (11/8/2022).

Namun hal tersebut tidak terjadi di dua PKS lainnya yakni PT Citra Sawit Lestari dan PT Palma Mas Sejati yang tetap melakukan penerimaan TBS sawit.

Penuhnya tangki CPO dan belum lancarnya penjualan CPO di PT Agra Sawitindo ini berpotensi menyebabkan harga TBS sawit mengalami penurunan.

"Kalau dalam waktu yang cukup lama PT Agra Sawitindo belum juga melakukan penjualan CPO maka hal ini akan menyebabkan harga TBS sawit turun," ucap Denny.

Untuk diketahui, di PT Agra Sawitindo sebelumnya harga TBS sawit masih bertahan diharga Rp 1.410 per kilogram.

Sedangkan untuk di Citra Sawit Lestari harga TBS sawit juga masih bertahan diharga Rp 1.440 perkilogram. Dan untuk di PT Palma Mas Sejati masih bertahan diharga Rp 1.410 per kilogram.

Baca juga: Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi Sambangi Bengkulu, Cek Personel dan Peralatan

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Bengkulu 11-13 Agustus 2022: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved