Pabrik Sawit di Bengkulu Selatan Hanya Buka 1 Jam, Harga TBS Sawit Rendah Meski Ada SE Bupati

Baru buka satu jam, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Selatan lalu tutup. Harga TBS sawit pun masih rendah.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut TBS sawit di PT SBS masih mengular. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur masih rendah meskipun sudah ada surat edaran dari Menteri Perdagangan agar pabrik membeli sawit di angka Rp 2.000 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Baru buka satu jam, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Selatan lalu tutup. Harga TBS sawit pun masih rendah, belum menyentuh harga minimal Rp 2.000 per kilogra.

Alasan klise karena tangki timbun CPO di pabrik penuh. Sementara penjualan CPO masih susah yang juga menjadi penyebab harga TBS sawit tak kunjung naik-naik meskipun harga CPO sendiri sudah berkali-kali naik.

Tertinggi harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur tetap di angka Rp 1.380 per kilogram.

Humas PT BSL, pabrik yang membuka pembelian sawit dari supplier atau petani hanya dengan durasi 1 jam, Idius Safari menjelaskan tangki timbun di PT BS sudah penuh.

"Hari ini (Pukul 08.00 Wib) pihaknya sudah menutup pembelian TBS sawit dari supplier dan petani. Karena, tangki timbun CPO sudah penuh. Pembelian TBS sawit hari ini hanya di angka 200 ton atau 20 truk," jelas Idius kepada TribunBengkulu.com, Jumat (12/8/2022).

Untuk harga TBS sawit di PT BSL sudah empat pekan terakhir hingga kini tidak berubah. Masih diangka Rp 980 per kilogram.

Hal sam dilakukan pembatasan pembelian buah TBS oleh PT SBS dan PT CBS. Setiap hari kedua PKS tersebut hanya membeli TBS di angka 600 ton dan 700 ton per hari.

Sementara harga TBS di PT CBS untuk wilayah Bengkulu Selatan di angka Rp 1.380 per kilogram, wilayah Padang Guci di angka Rp 1.300 per kilogram dan wilayah Bintuhan di angka Rp 1.260 per kilogram.

Sedangkan harga TBS sawit di PT APLS, hari ini juga tidak berubah masih di angka Rp 1.360 per kilogram.

Terpantau, saat ini harga TBS sawit di tingkat petani paling tinggi di angka Rp 1.100 per kilogram dan terendah di angka Rp 950 per kilogramnya.

Padahal, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi sudah meneruskan Surat Edaran (SE) dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan agar PKS dapat membeli TBS sawit di angka Rp 2.000 per kilogram.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada satu pun pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur mengikuti imbauan tersebut.

Pantauan TribunBengkulu.com, antrean truk TBS di sejumlah PKS tetap mengular meskipun ada pembatasan.

Bahkan, truk angkut TBS baru bisa dibongkar dalam waktu dua sampai tiga hari.

Baca juga: Tindaklanjuti SE Menteri Zulhas, Bupati Gusnan Surati PKS Beli Sawit Rp 2.000 per Kilogram

Baca juga: Bupati Daerah Penghasil Sawit Usulkan Rancangan Undang-Undang Sawit ke Pemerintah Pusat

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved