Harga CPO Naik Lagi, Harga TBS Sawit di Bengkulu Hari Ini Ikut Naik Hingga Rp 1.530 Per Kilogram

Harga Crude Palm Oil (CPO) di tender PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) mengalami peningkatan sebesar Rp 325 perkilogram jika dibandingkan

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di PT Citra Sawit Lestari Bengkulu Tengah, Kamis (11/8/2022). Naiknya harga CPO juga berimbas pada harga TBS sawit di wilayah Bengkulu Tengah yang juga mengalami kenaikan 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Harga Crude Palm Oil (CPO) di tender PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) mengalami peningkatan sebesar Rp 325 perkilogram jika dibandingkan hari sebelumnya, Sabtu (13/8/2022).

Saat ini harga CPO di tender PT KPBN telah menyentuh Rp 11.425 perkilogram CPO. Harga tersebut sangat jauh mengalami peningkatan jika dibandingkan bulan Juli lalu yang hanya berada di harga Rp 8.500 perkilogram.

Sementara, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit juga ikut terkerek akibat dari melonjaknya harga CPO.

Dalam satu pekan terakhir, harga TBS sawit di Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan meski secara perlahan.

Bahkan dalam 3 hari terakhir, harga TBS sawit disejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada mengalami peningkatan setiap hari.

Sekretaris DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Bengkulu, Jhon Simamora mengatakan per hari ini (13/8/2022) TBS sawit mengalami peningkatan antara Rp 30 hingga Rp 50 perkilogram.

"Dari informasi yang kita terima, ada sejumlah PKS yang mengalami peningkatan harga TBS sawit hari ini, harga tertinggi TBS sawit di Provinsi Bengkulu saat ini Rp 1.530 perkilogram," kata Jhon.

Diketahui, harga Rp 1.530 perkilogram ini terjadi di tiga PKS yang ada di Kabupaten Mukomuko yakni PT USM, PT MSL dan PT KPST.

Masih di Kabupaten Mukomuko, untuk di PT GSS juga mengalami peningkatan dan menyentuh harga Rp 1.480, untuk di PT MMIL juga mengalami peningkatan dan menjadi Rp 1.420 perkilogram.

Sedangkan untuk di Kabupaten Bengkulu Tengah, Harga TBS juga mengalami peningkatan sebesar Rp 50 perkilogram, yakni di PT Agra Sawitindo sehingga harga TBS sawit menjadi Rp 1.460 perkilogram.

"Saya yakin harga TBS sawit ini akan terus mengalami peningkatan, meski secara bertahap," ujar Jhon.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved