Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur Tak Sesuai Ketetapan Terbaru Rp 1.765 per Kilogram

Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini belum sesuai dengan harga ketetapan terbaru di Provinsi Bengkulu, yaitu Rp 1.765 per kilogram.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut di PT SBS mulai mengular meskipun adanya pembatasan pembelians awit dari pihak pabrik. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur belum sesuai harga ketetapan terbaru di Provinsi Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini Selasa (16/8/2022) belum sesuai dengan harga ketetapan terbaru di Provinsi Bengkulu, yaitu Rp 1.765 per kilogram.

Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini tertinggi masih di angka Rp 1.380 per kilogram.

Sementara harga TBS sawit tertinggi di tingkat petani dalam wilayah Bengkulu Selatan dan Kaur masih di angka Rp 850 per kilogram hingga Rp 950 per kilogram.

Padahal berbagai upaya dan kebijakan sudah pemerintah buat untuk menormalkan harga TBS sawit di angka Rp 2.000 per kilogram. Namun belum juga diindahkan oleh pabrik sawit

Di Bengkulu Selatan, malahan salah satu pabrik bahkan menutup kembali pembelian TBS sawit dari petani.

Alasannya masih klise karena tangki timbun masih penuh akibat penjualan Crude Palm Oil (CPO) belum lancar.

"Hari ini tutup lagi pembelian TBS sawit. Karena tangki timbun penampungan CPO masih penuh. Salah satu penyebabnya, Provinsi Bengkulu kekurangan alat angkut. Kalau harga tidak ada perubahan masih dia ngka Rp 980 per kilogram," jelas Idius kepada TribunBengkulu.com, Selasa (16/8/2022).

Sementara, tiga pabrik lagi yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur, PT SBS, PT CBS dan PT APLS masih beroperasi hari ini. Hanya saja membatasi pembelian setiap hari dibatasi hanya diangka 600 sampai 700 ton.

Baca juga: Harga TBS Sawit Terbaru di Bengkulu Naik, Ditetapkan Rp 1.765 per Kilogram

Diakui Asisten PT CBS Yuliman mengatakan hari ini masih tetap buka, tetapi besok pihaknya akan melakukan penutupan. Lantaran, sesuai dengan aturan setiap hari besar memang selalu libur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved