Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama Kali di Bengkulu Selatan Ternyata di Lokasi Ini

Ternyata pertama kali pengibaran bendera merah putih di Bengkulu Selatan dilakukan pertama kali di halaman yang saat ini berdiri Hotel Karya Utama.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Pelepasan balon tanda dimulainya kegiatan sepeda santai oleh Bupati Gusnan Mulyadi di halaman Hotel Karya Utama Jalan Jenderal Sudirman, lokasi pertama pengibaran bendera merah putih tahun 1945 di Bengkulu Selatan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Mungkin masih ada yang tidak tahu di mana pengibaran bendera merah putih pertama kali di Kabupaten Bengkulu Selatan setelah Indonesia merdeka di tahun 1945.

Ternyata pertama kali pengibaran bendera merah putih di Bengkulu Selatan dilakukan di halaman yang saat ini berdiri Hotel Karya Utama, di Jalan Jenderal Sudirman.

Sejarah pengibaran bendera merah putih pertama kali di Bengkulu Selatan itu diceritakan oleh tokoh masyarakat Bengkulu Selatan, Asmadi Hamid. Saat pembukaan sepeda santai yang diselengarakan oleh Komunitas Bengkulu Selatan Kertangin Klub atau BSKK, Selasa sore (16/8/2022).

Awalnya, kemerdekaan sudah dinyatakan merdeka tiga hari. Namun, belum ada sama sekali instruksi dari pihak pemerintah.

Lalu dengan inisiatif sendiri, ada masyarakat Bengkulu Selatan kala itu mencari bendera merah putih dan langsung mengibarkan bendera tersebut.

Cerita tersebut diperoleh Mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan Asmadi Hamid dari orangtuanya.

Gusnan Mulyadi Melepas Sepeda Santai
Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi saat melepas kegiatan sepeda santai yang digelar komunitas BSKK. Pelepasan dilakukan di tempat pengibaran bendera merah putih pertama kali di Bengkulu Selatan.

Ketika pengibaran bendera merah putih di Bengkulu Selatan, saat itu ia masih kecil dan duduk di bangku pendidikan setingkat SD.

"Kalau saya tidak terlibat, tetapi saya sedikit mengingat cerita dari orangtua dulu. Saat itu saya masih kecil atau masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD)," jelas Asmadi kepada TribunBengkulu.com, Selasa (16/8/2022).

Kegiatan sepeda santai yang diselengarakan oleh Komunitas Bengkulu Selatan Kertangin Klub atau BSKK turut dibuka dan dilepas langsung oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Gusnan Mulyadi menyampaikan, ke depannya pihaknya akan mencari dan membuat buku untuk mengingat sejarah tersebut.

"Saya saja baru mendengar dan mengetahui pengibaran bendera di sini. Kedepannya ini  adalah sebuah PR bagi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan mencari siapa saja pengibar dan penggerek bendera pertama di Bengkulu Selatan," kata Gusnan kepada TribunBengkulu.com, Selasa (16/8/2022).

Gusnan Mulyadi juga berterima kasih kepada komunitas sepeda di Bengkulu Selatan. Karena kalau bukan ada kegiatan ini maka dirinya tidak mengetahui sejarah dan lupa dalam sejarah.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved