Perayaan HUT 77 RI di Bengkulu

405 WBP Lapas Curup Terima Remisi HUT ke 77 RI, WBP: Bahagia Masa Tahanan Berkurang

Sebanyak 405 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Curup mendapat remisi umum dalam rangka HUT ke-77 RI

Panji/TribunBengkulu.com
Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi didampingi Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah saat menyerahkan SK remisi HUT ke-77 RI kepada perwakilan WBP Lapas Curup, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, REJANG LEBONG - Sebanyak 405 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Curup mendapat remisi umum dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), pada Rabu (17/8/2022). 

Untuk mendapatkan remisi HUT ke 77 RI, warga binaan harus memiliki perilaku yang baik selama berada di dalam Lapas Kelas II A Curup ini. 

"Mereka yang menerima remisi itu, telah memenuhi syarat dan memiliki berkas-berkas yang lengkap maka kami usulkan ke kantor wilayah. Jumlahnya ada 405 WBP," kata Kepala Lapas Kelas II A Curup Bambang Wijanarko kepada Awak Media, Rabu (17/8/2022). 

Ke 405 WBP terima remisi ini terdiri dari 392 orang mendapat pengurangan masa hukuman atau RU I dan 4 orang WBP bebas. Namun keempat WBP itu harus menjalani masa pidana denda. Lalu 9 WBP RU I PP 99.

"WBP yang menerima RU I itu dari kasus pencurian, pengeroyokan dan lain-lainnya atau pidana umum. Sedangkan RU I PP 99 dari kasus tindak pidana narkotika, sedangkan RU II dari pidana umum dan narkoba," jelas Kepala Lapas Curup.

WBP Lapas Curup
WBP di Lapas Curup yang menerima remisi HUT ke 77 RI pada Rabu (17/8/2022). 

Sementara itu, SK remisi yang diberikan oleh Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi diserahkan usai upacara bendera merah putih di Lapas Kelas II A Curup. Penyerahan SK itu diwakilkan oleh 2 orang dari WBP. 

"WBP yang menerima remisi ini sudah berkelakuan baik, meski masih menjalani masa hukuman saya harap bisa bersabar dalam menjalani hukuman, agar bisa melewatinya," ucap Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendi

Salah seorang WBP mendapatkan remisi RU I yakni, Ifo Darmawan Pratama (32). Ifo sudah menjalani masa tahanan 1 tahun 2 bulan di Lapas Kelas II A Curup. 

Ia divonis majelis hakim 6 tahun kurungan penjara, lantaran terlibat kasus asusila tahun lalu dan mendapatkan remisi 2 bulan. 

Ifo berharap cepat bebas agar bertemu kedua orang tuanya, dan berkegiatan di masyarakat.

"Saya sangat bahagia karena masa tahanan saya berkurang. Saya sudah sangat rindu dengan kedua orang tua saya, rindu akan bertemu keduanya nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata," ungkapnya tampak menahan air mata. 

Baca juga: Komisi III DPR Bakal Panggil Kapolri Minta Penjelasan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Baca juga: Keluarga Brigadir J Tuntut Barang-barang Milik Yosua Segera Dikembalikan ke Ahli Waris

Baca juga: Begal di STQ Bengkulu, Korban Menderita 4 Luka Bacok dan Mendapatkan 65 Jahitan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved