Harga sawit

Antrean Truk Masih Terjadi Meski Pabrik Tutup, Harga TBS Sawit di Bengkulu Belum Rp 2.000 per Kg

Sejumlah pabrik di Bengkulu Tengah tutup di hari libur nasional HUT ke 77 Republik Indonesia (RI).

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Sejumlah truk pengangkut TBS sawit di PT Palma Mas Sejati masih mengantre meski sedang libur, Rabu (17/8/2022). Sementara untuk harga TBS sawit di Bengkulu Tengah belum di angka Rp 2.000 per kilogram  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Sejumlah pabrik di Bengkulu Tengah tutup di hari libur nasional HUT ke 77 Republik Indonesia (RI). Harga TBS sawit pun hari ini di Bengkulu belum berubah, belum di angka Rp 2.000 per kilogram.

Meskipun tutup, namun antrean truk sawit pantauan TribunBengkulu.com di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Bengkulu Tengah masih terjadi, Rabu (17/8/2022). Harga TBS sawit yang masih murah pun tidak menjadikan alasan petani menunda panen.

Sukarni mengatakan tetap melakukan pemanenan meski kondisi harga TBS sawit masih rendah

"Kalau dibiarkan saja nanti pohonnya jadi rusak, ya mending di panen saja, dapat untuk kebutuhan sehari-hari saja sudah cukup," kata Sukarni.

Sementara truk masih antre meski pabrik tutup hal ini dimaksudkan agar pada saat PKS kembali beroperasi mereka menempati posisi pertama dan tidak terlalu lama mengantre. 

"Biar pas buka, kita tidak lama lagi antre, jadi bisa langsung muat barang lagi dan jual lagi," kata Sukarni salah satu petani di Bengkulu Tengah. 

Saat ini, harga TBS sawit di tingkat PKS masih jauh dibawah harga yang ditetapkan pemerintah Provinsi Bengkulu yakni sebesar Rp 1.765 per kilogram. 

Sedangkan untuk di Kabupaten Bengkulu Tengah harga tertinggi masih berada di PT Agra Sawitindo dengan harga Rp 1.460 per kilogram. 

Sedangkan untuk di PT Palma Mas Sejati masih bertahan diharga Rp 1.410 per kilogram dan untuk di PT Citra Sawit Lestari juga masih bertahan diharga Rp 1.390 per kilogram.  

Baca juga: Harga TBS Sawit Terbaru di Bengkulu Naik, Ditetapkan Rp 1.765 per Kilogram

Baca juga: Fasilitas Wisata Bukit Kandis Rusak Parah, Kementerian Surati Pemda Percepat Penyerahan Aset

Baca juga: Bendera Merah Putih Raksasa Sepanjang 77 Meter Berkibar di Bukit Kandis Bengkulu Tengah

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved