Perayaan HUT 77 RI di Bengkulu

Prajurit TNI AL dari Lanal Bengkulu Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pulau Tikus

Prajurit TNI AL dari Lanal Bengkulu menggelar pengibaran bendera merah putih pada hari ini di bawah laut di Pulau Tikus, Provinsi Bengkulu.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
HO Lanal Bengkulu
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Tikus oleh Prajurit TNI AL dari Lanal Bengkulu bersama komunitas penyelam Bengkulu, Rabu (17/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Prajurit TNI AL dari Lanal Bengkulu menggelar pengibaran bendera merah putih pada hari ini di bawah laut di Pulau Tikus, Provinsi Bengkulu, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan di bawah laut dengan kedalaman 10 meter.

Selain prajurit Lanal Bengkulu, ikut juga dalam pengibaran bendera merah putih di bawah air ini komunitas penyelam Bengkulu, yaitu MSDC dan POSSI, dan didukung oleh Basarnas Bengkulu serta TNI/Polri.

"Pengibaran bendera di bawah laut ini adalah dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI," ujar Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S kepada TribunBengkulu.com.

Prosesi pengibaran dimulai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Danlanal Bengkulu di Mako Lanal Bengkulu kepada prajurit Lanal Bengkulu.

Prajurit ini yang nantinya bertugas sebagai penggerek Bendera merah putih di dasar laut.

Pengibaran Bendera Merah Putih2
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Tikus oleh Prajurit TNI AL bersama komunitas penyelam, Rabu (17/8/2022)

Sebelumnya, semua penyelam yang terlibat terlebih dahulu diperiksa kesehatannya di Balai Pengobatan Lanal Bengkulu.

Dari Mako Lanal, bendera merah putih dibawa ke dermaga Kapal Angkatan Laut (KAL). Selanjutnya, bendera dibawa ke Pulau Tikus dengan menggunakan KAL Pulau Mego dan dikawal oleh beberapa perahu nelayan hingga ke titik pengibaran.

Di detik-detik proklamasi, dilakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut, dengan kedalaman 10 meter.

Nyoman sendiri berharap kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini bisa menginspirasi masyarakat dan generasi muda untuk selalu mengisi kemerdekaan.

"Caranya dengan menjaga kelestarian alam Indonesia serta untuk mengenalkan kembali potensi laut kita, khususnya di Provinsi Bengkulu," ungkap Nyoman.

Baca juga: Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK di Bank Syariah Indonesia, Berposisi Sebagai Teller Kriya

Baca juga: Rundingan 1 Jam Ferdy Sambo CS di Rumah Saguling Rencanakan Skenario Sebelum Pembunuhan Brigadir J

 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved