Tewas Tertimpa Pohon di Bengkulu

BREAKING NEWS: 2 Anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera Tewas Tertimpa Pohon saat Patroli

Dua anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera (PHS) meninggal dalam tugas saat patroli di kawasan TNKS.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
HO Basarnas Bengkulu
Proses evakuasi anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera (PHS) yang tewas dalam tugas saat patroli di kawasan TNKS pada Rabu (18/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Dua anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera (PHS) tewas dalam tugas saat patroli di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah Bukit Punjung (Resor Bengkulu Utara-Mukomuko, SPTN Wilayah VI Argamakmur)

Kedua anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera (PHS) yang memang kerap patroli di TNKS ini, tewas setelah camp tempat mereka beristirahat tertimpa pohon.

Kedua anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera (PHS) yang tewas saat sedang tugas patroli, yakni Gunawan Saepullah (52 tahun), seorang polisi hutan warga Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Dan Sudirman (55 tahun) warga Desa Tapan, Basa Ampek Balai Tapan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

"Gunawan Saepullah warga Argamakmur, polisi kehutanan. Sementara Sudirman adalah masyarakat, warga Desa Tapan, Basa Ampek Balai Tapan, Pesisir Selatan, Sumbar," kata Kepala Seksi Konservasi I BKSDA Bengkulu-Lampung, Said Jauhari kepada TribunBengkulu.com, Kamis (18/8/2022).

Kronologis kejadian ini, berawal saat Tim PHS tengah melakukan pemantauan hewas buas di TNKS.

Senin, 15 Agustus 2022, tim PHS yang diketuai Gunawan Saepulah membawa serta tiga anggotanya berangkat dari Mess TNKS Resor Bengkulu Utara-Mukomuko menuju kawasan TNKS wilayah kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Tim beristirahat dengan membuat camp di dalam hutan, sekitar pukul 17.00 WIB.

Naas, saat itu, terjadi hujan lebat, dan sebuah pohon besar lapuk rubuh dan menimpa keduanya.

Humas Basarnas Bengkulu, Mega Maysilva mengatakan pihaknya mendapatkan laporan kejadian membahayakan jiwa manusia ini pada pukul 20.00 WIB.

Basarnas kemudian menyiapkan dan mengirimkan tim evakuasi dan penyelamatan pada pukul 20.04 WIB, yang merupakan tim rescue Pos SAR Mukomuko.

Tim SAR kemudian bertemu masyarakat yang telah berhasil mengevakuasi korban, dan dibawa ke Puskesmas Pondok Suguh untuk kemudian diserahkan ke keluarga. 

Baca juga: Kasus Brigadir J, Mahfud MD Singgung Ferdy Sambo CS Ibarat Punya Kerajaan di Internal Polri

Baca juga: Begini Penjelasan Bapenda Kota Bengkulu soal Kisruh Tarif Parkir di Pasar Pagar Dewa

Baca juga: Update Harga Emas di Bengkulu Hari Ini Kembali Turun, Berikut Daftar Harga Emas Antam dan UBS

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved