Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur Usai HUT RI Belum Berubah, Tertinggi Rp 1.380 per Kg

Setelah libur memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur masih sama.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut TBS sawit mulai mengular setelah tutup libur hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2022. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur masih sama usai libur HUT ke-77 RI. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Setelah libur memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI), harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini (18/8/2022) masih sama.

Empat Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Bengkulu Selatan dan Kaur buka kembali usai libur HUT ke 77 RI pada Rabu (17/8/2022), dengan harga TBS sawit tertinggi Rp 1.380 per kilogram di pabrik Kaur.

Antrean truk pun kembali mengular meskipun harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur tak naik-naik.

Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman mengungkapkan pabrik PT SBS pada hari kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 memang tutup, dan buka lagi hari ini.

Sedangkan harga sawit sama sekali tidak ada perubahan masih seperti kemarin.

"Harga tidak ada perubahan masih tertinggi di angka Rp 1.380 per kilogram dan terendah di angka Rp 1.260 per kilogram," jelas Yuliman Kepada TribunBengkulu.com, Kamis (18/8/2022).

Salah satu alasan PKS belum menaikan harga adalah penjualan Crude Palm Oil atau CPO hingga kini belum kembali lancar seperti dulu di saat harga TBS sawit di angka Rp 3.200 per kilogram.

Hal sama dikatakan Humas PT BSL, Idius Safari mengakui sebelumnya memang pihaknya menutup pembelian atau belum membeli secara normal.

Misalnya, beberapa waktu lalu hanya membeli satu jam lalu tutup dan paling lama tutup selama dua hari.

"Alhamdulillah hari ini kembali buka dan kembali beroperasi lagi. Kepada para petani kami mohon maaf bukan mau menyusahkan tetapi semua karena keadaan," kata Idius.

Sementara, dua PKS lagi PT SBS hari ini tetap membeli TBS sawit di angka Rp 1.100 per kilogram dan PT APLS juga sama di angka Rp 1.360 per kilogramnya.

Dari pantauan TribunBengkulu.com, akibat pabrik menutup sementara pembelian menyebabkan buah TBS sawit di sejumlah supplier atau toke menumpuk banyak.

Baca juga: Update Harga Emas di Bengkulu Hari Ini Kembali Turun, Berikut Daftar Harga Emas Antam dan UBS

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bengkulu Belum Beranjak, Selisih Rp 217 dari Ketetapan Provinsi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved