Harga TBS Sawit di Bengkulu Masih di Bawah Harga Penetapan, Petani dan Pengepul Sawit Resah

Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah masih stagnan dengan harga tertinggi Rp 1.460 per kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di PT Palma Mas Sejati mengular hingga 700 meter, Jumat (19/8/2022). Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Tengah masih stagnan dengan harga tertinggi Rp 1.460 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu masih stagnan dengan harga tertinggi Rp 1.460 per kilogram.

Harga TBS sawit tersebut masih jauh di bawah harga yang ditetapkan pemerintah Provinsi Bengkulu yakni sebesar Rp 1.765 perkilogram. 

Hal ini membuat keresahan di kalangan para petani dan pengepul yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah

"Pemerintah menetapkan harga TBS sawit Rp 1.765 per kilogram, masyarakat tahunya harga sudah segitu, tetapi harga di pabrik kan tidak sampai segitu, petani menuduh kami mengambil untung besar," ujar Hendra Gunawan salah satu pengumpul TBS sawit di Bengkulu Tengah, Jumat (19/8/2022). 

Seharusnya Pemerintah Provinsi Bengkulu bisa langsung menerapkan harga tersebut di setiap pabrik kelapa sawit (PKS) yang ada, agar sesuai dengan hasil rapat. 

"Ini kan kami yang menjadi sasaran para petani, katanya kami bermain lah apa lah, padahal di pabrik harga masih Rp 1.460 perkilogram," kata Hendra. 

Saat ini, Hendra membeli harga TBS sawit petani mulai dari harga Rp 1.000 hingga Rp 1.200 perkilogram bergantung pada jarak kebun. 

"Kita biasa mengambil jarak Rp 200 hingga Rp 400 perkilogram tergantung jarak, kalau jauh ya lebih murah harga TBS sawitnya," ungkap Hendra. 

Diketahui, untuk di PT Palma Mas Sejati harga TBS sawit belum mengalami perubahan dalam beberapa hari terakhir dan masih bertahan di harga Rp 1.410 perkilogram. 

Untuk di PT Citra Sawit Lestari juga masih bertahan di harga Rp 1.390 dan untuk di PT Agra Sawitindo masih tetap di harga Rp 1.460 perkilogram. 

Meski harga TBS belum mengalami perubahan harga, tetapi pasokan TBS sawit terpantau masih berlimpah di seluruh PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Korban Begal Depan STQ Bengkulu Ternyata Bohong, Dibacok karena Kepergok Maling

Baca juga: 2 Anggota Tim Pelestarian Harimau Sumatera yang Tewas Saat Bertugas Raih Penghargaan Internasional

Baca juga: Jawab Semangat Tinggi Para Pelajar, Sekolah Bahasa Inggris EF Kini Hadir di Kota Bengkulu

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved