Breaking News:

Diinstruksikan Presiden Jokowi Tekan Inflasi, Pemprov Bengkulu Bakal Gelar Operasi Pasar

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan setiap daerah untuk menekan angka inflasi di wilayah kerja masing-masing.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Aktivitas Pasar Panorama Kota Bengkulu yang kemungkinan akan jadi lokasi operasi pasar yang dilaksanakan Pemprov Bengkulu dalam waktu dekat untuk menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi tekan inflasi. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan setiap daerah untuk menekan angka inflasi di wilayah kerja masing-masing.

Instruksi Presiden Jokowi tekan inflasi tersebut disampaikan dalam rapat penanganan inflasi di daerah yang digelar beberapa waktu yang lalu.

Menanggapi instruksi Presiden Jokowi tekan inflasi tersebut, Pemprov Bengkulu berencana untuk menggelar operasi pasar murah dalam waktu dekat.

Rencana operasi pasar ini sudah dibahas dalam rapat yang dipimpin Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Senin (22/8/2022) hari ini.

Walaupun dalam rapat ini belum menghasilkan keputusan kapan waktunya dan komoditas apa saja yang akan diutamakan dalam operasi pasar ini.

"Rapat hari ini kita lakukan dalam rangka menangani inflasi di daerah, meskipun kita tidak disebutkan dalam nama 5 besar daerah dengan inflasi terbesar oleh pak Presiden," ungkap Hamka.

Meskipun tidak masuk dalam 5 besar daerah dengan inflasi tertinggi, namun di Provinsi Bengkulu saat ini angka inflasi memang mengalami kenaikan.

Ini juga yang menjadi dasar Pemerintah Provinsi berencana untuk melakukan operasi pasar pada komoditi tertentu yang menyebabkan naiknya angka inflasi.

"Jadi kita akan lihat komoditi apa yang naik, jadi tidak seluruh. Misal cabai, maka cabai yang akan kita lakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga," kata Hamka.

Untuk titik pelaksanaan operasi pasar ini, masih belum ditentukan dalam rapat awal ini.

Namun untuk awal pelaksanaan operasi pasar Pemerintah Provinsi memastikan akan melaksanakannya di wilayah Kota Bengkulu.

"Yang namanya operasi pasar tidak mesti diketahui orang-orang. Untuk tahap awal akan diujicobakan dulu di Kota Bengkulu, kalau disini terkendali, maka di Kabupaten pasti juga akan terkendali," ujar Hamka.

Sementara untuk komoditas yang akan jadi sasaran utama ini, Pemprov akan mengkoordinasikan dengan pihak Bank Indonesia (BI) Bengkulu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved