Gempa Bengkulu

Berikut Daerah Ikut Terdampak Gempa Bengkulu 6,3 SR, Getaran dengan Intensitas hingga 5 MMI

Gempa Bengkulu berkekuatan magnitudo 6,3 (sebelumnya disebut 6,5) tidak hanya dirasakan warga Kabupaten Kaur yang menjadi pusat gempa Selasa malam.

Panji/TribunBengkulu.com
Nabila Adrian selaku Observer Gempabumi, Stasiun Geofisika Kepahiang saat diwawancarai oleh TribunBengkulu.com mengenai gempa Bengkulu Selasa malam (23/8/2022) dan wilayah yang ikut terdampak getarannya. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Gempa Bengkulu berkekuatan magnitudo 6,3 (sebelumnya disebut 6,5) tidak hanya dirasakan warga Kabupaten Kaur yang menjadi pusat gempa Selasa malam (23/8/2022).

Lokasi gempa Bengkulu dengan berkekuatan magnitudo 6,3 persisnya berada di wilayah Samudera Hindia, Barat Bengkulu tepatnya berlokasi di laut jarak 80 KM arah selatan Kota Manna Bengkulu, dengan kedalaman 52 KM

Namun gempa Bengkulu berkekuatan 6,3 SR ini juga dirasakan di sejumlah wilayah di luar Kabupaten Kaur bahkan di luar Provinsi Bengkulu.

Untuk di daerah Kaur sendiri dirasakan dengan skala intensitas V Modiefied Mercalli Itensity (MMI). Getaran dirasakan hampir semua penduduk, dan orang banyak terbangun.

Lalu di daerah Liwa Provinsi Lampung dengan skala intensitas IV-V MMI, getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Untuk daerah Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, dan Enggano dengan skala intensitas IV MMI, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara daerah Kota Bengkulu, Muko-muko, Argamakmur, Manna, Putri Hijau, Musi Rawas , Oku Selatan, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dengan skala intensitas III-IV MMI. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. 

Kemudian, daerah Martapura, Panimbang, Kecamatan Ngaras, Bandar Lampung, Muara Dua, Semaka, Pematang Sawah, Palembang dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan akan truk berlalu. 

Di daerah Bayah, Malingping, Ujung Kulon, Kecamatan Pesisir Tengah, Labuan dengan skala intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved