Gempa Bengkulu

Update Gempa Bengkulu: BMKG Revisi Kekuatan Gempa di Kaur Jadi 6,3 SR

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui data gempabumi yang mengguncang Bengkulu pada pukul 21.31 WIB Selasa malam (23/8/2022).

Panji/TribunBengkulu.com
Nabila Adrian selaku Observer Gempa Bumi, Stasiun Geofisika Kepahiang, saat diwawancarai oleh TribunBengkulu.com Rabu (24/8/2022), mengenai gempa Bengkulu pada Selasa malam (23/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama

TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui data gempabumi yang mengguncang Bengkulu pada pukul 21.31 WIB Selasa malam (23/8/2022).

Lokasi gempa Bengkulu ini berada di kawasan Barat Daya Kabupaten Kaur Bengkulu dengan kedalaman 30 KM.

Hasil analisis terbaru BMKG, gempa Bengkulu jenis tektonik ini memiliki magnitudo 6,3 Skala Richter (sebelumnya tercatat 6,5 Skala Richter (SR)

BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, pascaterjadinya gempa melakukan pengecekan kembali, dan hasil analis menunjukan gempa dengan berkekuatan mangnitudo 6,3 Skala Richter (SR).

"Analisis kembali sekira pukul 21.31 WIB wilayah Samudera Hindia, Barat Bengkulu tepatnya berlokasi di laut jarak 80 KM arah selatan Kota Manna Bengkulu, pada kedalaman 52 KM," ungkap Observer Gempa Bumi, Stasiun Geofisika Kepahiang, Nabila Adriana, pada Rabu (24/8/2022).

Setelah gempa dengan kekuatan 6,3 SR, terdapat gempa susulan sebanyak 5 kali dengan kekuatan mangnitudo di bawah 4.

Sebelum terjadinya gempa dengan kekuatan mangnitudo 6,3 ini, sempat juga terjadi gempa dengan kekuatan mangnitudo 3 lebih. 

"Untuk potensi tsunami tidak terjadi karena potensi terjadinya gelombang tsunami itu dengan kekuatan mangnitudo di atas 7," jelas Nabila. 

Gempabumi ini, merupakan gempa bumi jenis dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved