Pasokan Menurun, Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Lagi Rp 50 tiap Kilogramnya

Sudah dua hari terakhir, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami peningkatan secara bertahap, Rp 50 tiap kilogramnya.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS sawit di PT Palma Mas Sejati tampak berkurang, Jumat (26/8/2022). Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Tengah kembali naik Rp 50 tiap kilogramnya. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Sudah dua hari terakhir, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami peningkatan secara bertahap, yakni sebesar Rp 50 tiap kilogramnya.

Kenaikan harga TBS sawit di Bengkulu Tengah hari ini, Jumat (26/8/2022) dan beberapa hari sebelumnya disebabkan akibat menurunnya pasokan TBS sawit di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Tengah dalam 4 hari terakhir.

Berbanding terbalik dengan penurunan pasokan TBS sawit, harga TBS sawit justru mengalami peningkatan.

Peningkatan harga beli sawit terjadi di PT Citra Sawit Lestari dan PT Agra Sawitindo. Sedangkan untuk di Palma Mas Sejati belum mengalami peningkatan harga TBS sawit.

"Kenaikan harga TBS sawit ini selain karena pasokan TBS sawit menurun juga disebabkan harga CPO meningkat (dari yang sebelumnya berada di harga Rp 8.000 per kilogram)," ujar Denny salah satu supplier TBS sawit di Bengkulu Tengah.

Diketahui, harga Crude Palm Oil (CPO) di tender PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) sendiri mengalami penurunan sebesar Rp 123 per kilogram dari hari Rabu (23/8/2022).

Saat ini, harga CPO menyentuh harga Rp 11.520 di tender PT KPBN wilayah Belawan dan Dumai, meski turun harga tersebut masih dinilai cukup tinggi jika dibandingkan harga CPO pada bulan Juli lalu yang hanya berada di harga Rp 8.000 perkilogram.

"Karena harga CPO naik, harga TBS juga ikut naik, seperti di PT Citra Sawit Lestari harga TBS naik Rp 50 perkilogram, dari harga Rp 1.470 menjadi Rp 1.520 per kilogram," kata Denny.

Sedangkan di Agra Sawitindo, harga TBS mengalami peningkatan sebesar Rp 50 perkilogram, dari harga Rp 1.460 menjadi Rp 1.510 per kilogram.

Namun untuk di PT Palma Mas Sejati belum mengalami peningkatan harga dan masih bertahan di harga Rp 1.490 per kilogram.

Baca juga: Benarkah Sirine Peringatan Dini Tsunami di Bengkulu Rusak? Cek Faktanya

Baca juga: Update Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini di Bengkulu, Berikut Daftar Harga 0,5 Gram - 1 Kg Lengkap

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved