Pemilik Kebun Ganja dan Dua Pemakai di Bengkulu Selatan Digerebek Polisi saat Asyik 'Ngeganja'

Warga Dusun Tengah Kecamatan Seginim Bengkulu Selatan diamankan Satnarkoba Polres Bengkulu Selatan. Atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Ho Polres Bengkulu Selatan
Barang bukti narkoba jenis ganja yang ikut diamankan Satresnarkoba Polres Bengkulu Selatan saat menangkap 3 warga Bengkulu Selatan pada Minggu dini hari, (28/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - RI (33), YH (29) dan In (24), ketiganya warga Desa Dusun Tengah Kecamatan Seginim, Bengkulu Selatan diamankan Satnarkoba Polres Bengkulu Selatan. Atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Bahkan salah satu dari warga Bengkulu Selatan yang diamankan petugas Satresnarkoba Polres Bengkulu Selatan ini memiliki kebun ganja yang ditumpangsarikan dengan tanaman kopi. Barang bukti narkoba yang ikut diamankan berasal dari hasil panen kebun ganja ini.

Kasat Narkoba Polres Bengkulu Selatan, AKP Todo Rio Tambunan membenarkan adanya tangkapan narkoba, Minggu dini hari (28/8/2022).

Pengungkapan kasus narkoba, berawal adanya informasi dari masyarakat jika ada transaksi serta penggunaan narkoba di wilayah Kecamatan Seginim.

"Pelaku diamankan saat sedang mengisap atau menggunakan ganja dengan cara dibakar seperti rokok. Penangkapan dilakukan di rumah Ri di Desa Dusun Tengah, pada pukul 03.04 Wib, Minggu (28/8/2022) dini hari," jelas Todo kepada TribunBengkulu.com, Minggu (28/8/2022).

Sampai saat ini ketiga pelaku masih dilakukan pemeriksaan. Dari keterangan awal, Ri mengakui bukan hanya sebagai pemakai saja tetapi RI juga turut menanam tanaman terlarang di kebun kopi miliknya yang ada di Kabupaten Seluma.

Diakui Ri, ia awalnya memang menanam kopi di lahan satu hektare. Namun, tidak semua ditanam dengan kopi tetapi beberapa bagian turut ditanam dengan tanaman ganja.

"Iya pak, saya akui awal Januari memulai menanam ganja tersebut. Kini taman tersebut semua sudah habis, karena sudah dipanen semua," kata Ri.

Sementara, polisi tidak akan serta merta percaya dengan hasil keterangan dari para pelaku. Satresnarkoba Polres Bengkulu Selatan akan segera mengecek kembali hasil keterangan pelaku.

"Setelah dilakukan pemeriksaan nantinya, akan kita lakukan juga pengecekan sesuai dengan keterangan dari Ri," Ungkap Kasat.

Sedangkan, dua pelaku Yh dan In yang diamankan bersama Ri hanya pemakai atau pengguna narkoba jenis ganja saja.

Turut diamankan dalam penangkapan tiga pelaku pengguna dan pemakai tersebut, satu paket kecil narkotika jenis ganja dan lintingan rokok berbahan ganja yang telah dihisap, dengan nilai Rp 1 juta.

Ketiga pelaku  dijerat dengan pasal yang sama,  yaitu pasal 111 dan 114 Undang-Undang Narkotika.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca BMKG Bengkulu 28-30 Agustus 2022: Hujan Lebat Disertai Petir di Wilayah Ini

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan Hari Ini Naik Lagi Rp 100 tiap Kilogramnya

 
 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved