Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan Naik Lagi Rp 30 tiap Kg, Petani: Baru Naik Jangan Turun Lagi

Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan hari ini, Selasa (30/8/2022) kembali naik sebesar Rp 30 tiap kilogramnya.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk pengangkut TBS masih normal namun diperkirakan dalam dua hari ke depan akan mulai mengular kembali. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan hari ini Selasa (30/8/2022) kembali naik. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan hari ini, Selasa (30/8/2022) kembali naik sebesar Rp 30 tiap kilogramnya.

Dengan adanya kenaikan harga TBS sawit hari ini di PT BSL yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan maka harga beli sawit PT BSL ke petani swadaya menjadi Rp 1.360 per kilogram, dan Rp 1.550 per kilogram untuk petani mitra.

Meskipun ada kenaikan namun harga TBS sawit di Bengkulu Selatan termasuk di Kaur juga masih di bawah harga ketetapan Provinsi Bengkulu.

Humas PT BSL, Idius Safari mengungkapkan dengan kenaikan harga beli sawit di PT BSL hari ini dan beberapa hari sebelumnya menunjukan bentuk keseriusan PT BSL untuk segera memulihkan harga TBS.

"Iya betul naik lagi hari ini diangka Rp 30 per kilogram. Semoga kami terus bisa menaikan harga TBS sawit, agar harga di Bengkulu Selatan khususnya bisa kembali pulih dan normal sesuai harapan para petani atau masyarakat," kata Idius kepada TribunBengkulu.com, Selasa (30/8/2022).

Untuk diketahui di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur terdapat 4 pabrik kelapa sawit. Dari 4 pabrik, kenaikan harga TBS sawit hari ini hanya di PT BSL.

Sedangkan tiga pabrik lainnya harga beli sawit dari petani atau supplier masih sama dengan harag kemarin.

PT CBS membeli sawit dengan harga Rp 1.400 per kilogram untuk wilayah Bintuhan, wilayah Padang Guci Rp 1.490 per kilogram dan wilayah Bengkulu Selatan Rp 1.570 per kilogram

Lalu PT APLS tetap membeli sawit dengan harga diangka Rp 1.510 per kilogram, dan PT SBS Rp 1.350 per kilogram.

Salah seorang petani, Heru mengucapkan banyak terima kasih kepada para PKS terus menaikan harga TBS. Ia berharap harga terus naik dan jangan kembali cepat turun setelah harga baru naik.

"Alhamdulilah jika PKS terus menaikan harga, berarti mereka masih memikirkan hajat hidup orang banyak. Kedepannya PKS tetap seperti itu, jangan lagi berubah yaitu menurunkan harga lagi," ucap Heru.

Pantauan TribunBengkulu.com, antrean truk angkut TBS sawit hari ini Selasa (30/8/2022) masih normal. Namun diperkirakan akan mengular lagi  dalam dua hari ke depan.

Baca juga: Jagung Hasil Panen Hanyut Terbawa Banjir, Petani di Bengkulu Selatan Rugi Puluhan Juta

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved