Pemangkasan Pohon Rawan Tumbang di Liku 9 Bengkulu 31 Agustus-3 September, Pengendara Hati-hati

Pemangkasan pohon rawan tumbang di kawasan hutan Lindung Bukit Daun jalan lintas Liku 9, Bengkulu-Kepahiang berlanjut pada Rabu (31/8/2022). 

Panji/TribunBengkulu.com
Tim Gabungan melakukan pemangkasan pohon, di jalan lintas Kepahiang-Bengkulu kawasan Liku 9 di Desa Tebat Monok, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, pada Rabu (31/8/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Pemangkasan pohon rawan tumbang di kawasan hutan Lindung Bukit Daun jalan lintas Liku 9, Bengkulu-Kepahiang berlanjut pada Rabu (31/8/2022). 

Pemangkasan pohon rawan tumbang di kawasan jalan lintas Liku 9 ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya pada tanggal 6 Juni 2022 lalu. 

Kegiatan pemangkasan pohon rawan tumbang di Liku 9 ini dilakukan oleh tim gabungan terdiri dari BPJN Bengkulu, Dinas LHK Bengkulu, Dishub Provinsi Bengkulu, LH Kepahiang, BKSDA Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu, BPBD Kepahiang serta Polres Kepahiang

Pemangkasan oleh tim gabungan ini, merupakan antisipasi pohon tumbang yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas hingga memakan korban.

Sebelumnya pada Sabtu (7/5/2022) lalu, satu unit mini bus merk Xenia dengan lima orang penumpang ringsek usai tertimpa pohon tumbang.

Akibat kejadian tersebut, satu orang penumpang dari mobil itu meninggal dunia.

Pemangkasan pohon ini dijadwalkan dari hari Senin 29 Agustus 2022 hingga 2 September 2022, namun pada tanggal 30 Agustus pemangkasan dihentikan, karena banjir di Bengkulu

Untuk tanggal 28 Agustus 2022 ada 2 pohon yang di pangkas di Kabupaten Bengkulu Tengah, sedangkan tanggal 31 Agustus 2022 sampai 2 September 2022 direncanakan 12 pohon yang berada di Kabupaten Kepahiang. 

Dari pantauan TribunBengkulu.com, pemangkasan dimulai pukul 11.00 WIB hingga 12.30 WIB. Dari pihak Satlantas Polres Kepahiang menutup sementara arus lalu lintas di kedua sisi, baik dari Kepahiang ke Bengkulu maupun sebaliknya. 

"Untuk pengendara ataupun pengguna jalan agar bersabar dan berhati-hati saat melintas di liku 9, karena sedang adanya pemangkasan pohon ini," ucap Kanit Turjagwali Aipda Andi Pribadi, saat diwawancarai oleh TribunBengkulu.com, Rabu (31/8/2022). 

Diberitakan TribunBengkulu.com sebelumnya, Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 266 juta untuk penebangan pohon di sepanjang jalan di Liku Sembilan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah menuju Kepahiang.

Ini sebagaimana diungkapkan Kasi Inventarisasi BPJN Bengkulu, Doli Iskandar usai rapat teknis rencana penebangan pohon di Taba Penanjung - Kepahiang, Rabu (18/5/2022) di Kantor Gubernur Bengkulu.

"Untuk anggaran pemotongan satu pohon itu diprediksikan Rp 7 juta untuk satu pohon. Jadi dikalikan saja 38 pohon, jadi sekitar dua ratus jutaan lebih," ungkap Doli.

Baca juga: Antrean BBM Solar di SPBU Kepahiang Mengular, Disperkop dan UKM Sebut Ada Pengurangan Pasokan

Baca juga: Update Banjir Bengkulu Hari Ini: 5.078 Kepala Keluarga di 6 Kabupaten/Kota Terdampak Banjir

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved