Banjir di Bengkulu

Hujan Deras Beberapa Jam Saja Sungai Meluap, Korban Banjir di Dusun Curup Rejang Lebong Butuh Solusi

Sebanyak 17 KK terdampak banjir di Rejang Lebong. Air sungai yang meluap ini akibat hujan deras sejak Rabu 31 Agustus 2022 hingga Jumat 2 September.

Panji/TribunBengkulu.com
Ansori (40) 2arga Dusun Curup Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, saat menunjukan batas air di rumahnya jika banjir terjadi, Jumat (2/9/2022)  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, REJANG LEBONG - Beberapa titik di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, diterjang banjir akibat luapan air sungai. Salah satunya di kawasan Kelurahan Dusun Curup, Kecamatan Curup Utara. 

Sebanyak 17 KK terdampak banjir di Rejang Lebong. Air sungai yang meluap ini akibat hujan deras sejak Rabu 31 Agustus 2022 hingga Jumat 2 September 2022. 

"Warga di sini kalau 2 jam saja hujan deras sudah panik. Siap-siap bereskan barang sebelum air sungai naik," ucap Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Dusun Curup M Azhari, saat diwawancarai oleh TribunBengkulu.com, Jumat (2/9/2022). 

Sudah dua kali bupati-bupati Rejang Lebong, baik Suherman dan Hijazi datang ke sini untuk meninjau lokasi banjir ini, tapi belum juga ada solusi.

Banjir ini sudah sering terjadi dalam waktu kurun 15 tahun terakhir ini. Warga RT 01 RW 02 ini, meminta solusi dari pihak pemerintah untuk mengatasi banjir dengan memasang pelapis tebing atau melakukan pengerukan sungai. 

Pihaknya juga sudah mengusulkan kepihak pemerintah setiap tahun untuk membangun pelapis tebing, bronjong maupun pengerukan. 

"Alhamdulillah usulan kami setiap tahun itu, belum terealisasikan. Kalau kami arisan seluruh warga ini, kami tidak sanggup untuk membangun pelapis tebing ataupun pengerukan sungai," ungkap Azhari. 

Usulan pembangunan pelapis tebing, bronjong ataupun pengerukan sungai ini juga disampaikan oleh mereka kepada Kapolres Rejang Lebong saat menyerahkan bantuan ke korban banjir pada Kamis (1/9/2022).

Mereka berharap, kapolres menyampaikan ke Pemkab Rejang Lebong.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved