Banjir di Bengkulu

Hujan Terus Mengguyur, Jumlah Wilayah Kota Bengkulu Terkena Banjir Meluas

Titik lokasi atau kawasan yang terkena banjir di Bengkulu diprediksi akan bertambah. Hal ini melihat kondisi curah hujan yang masih terus saja terjadi

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: M Arif Hidayat
Jiafni Rismawarni/Tribunbengkulu.com
Salah satu titik banjir di Kota Bengkulu, yang sempat digenangi air Jumat (2/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Titik lokasi atau kawasan yang terkena banjir di Bengkulu diprediksi akan bertambah.

Hal ini melihat kondisi curah hujan yang masih terus saja terjadi di Kota Bengkulu.

Kalak BPBD Kota Bengkulu, Will Hopi menjelaskan, berdasarkan data dari Kamis sore (1/9/2022) hingga hari ini, ada 9 Kecamatan Kota Bengkulu yang dilanda banjir, yang hari sebelumnya hanya 4 kecamatan yang terdampak banjir.

Di 9 kecamatan tersebut, memiliki ketinggian air yang bervariasi. Mulai dari 1/2 meter, ada yang malah sampai 1,5 meter. Hal ini terjadi memang karena hujan yang lebat.

"Mulai dari sore kemarin, malam tadi, hingga pagi tadi. Dan daerah daerah yang sebelumnya tidak kena banjir, itu malah banjir, " kata Will Hopi, Jumat (2/9/2022).

Ia mencontohkan kawasan baru ynag terdampak banjir. Misalnya di daerah bumi ayu dan kandang. Yang ketinggian airnya mencapai 1 meter. Dengan data ini, dapat dikatakan bahwa seluruh daerah kecamatan di Kota Bengkulu dilanda banjir.

" Kalau yang paling parah itu di daerah yang sudah jadi langganan banjir. Daerah Sakinah, Ejuka, Tanjung Agung, di belakang wisma haji. Tapi memang disana tinggi airnya, tapi cepat surut, " jelasnya.

Berbeda dengan di Rawa Makmur, lanjut Will Hopi, di kawasan itu termasuk kategori parah terendam banjir. Ini dapat dilihat dari pagi tadi sekitar pukul 8 pagi, di Rawa Makmur sulit dilewati. Padahal sore kemarin masih bisa dilewati.

" Untuk jumlah KK pasti bertambah yang jadi korban banjir. Karena kan ada beberapa kecamatan yang kini terjadi banjir. Yang kemarin tidak ada, " jelasnya.

Hingga sore ini, BPBD Kota Bengkulu masih menghimpun data untuk korban banjir per 2 September 2022. Sementara itu, untuk data kemarin di 1 September 2022 diketahui ada 1.970 KK yang tersebar di 4 kecamatan. 4 kecamatan yang terdampak banjir. Meliputi Kecamatan Sungai Serut, Muara Bangkahulu, Ratu Agung, dandan Kampung Melayu.

"Untuk data ini masih kita update, nanti akan kita sampaikan detailnya, " tukasnya. 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved