Banjir Bengkulu

Langganan Terendam Banjir, Pemkot Bengkulu Usulkan Normalisasi Sungai Bengkulu

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengusulkan normalisasi Sungai Bengkulu kepada BNPB dan Komisi V DPR RI karene langganan terendam banjir.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Hendrik Budiman
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Potret salah satu titik lokasi banjir di Kota Bengkulu, pada Jumat (2/9/2022). Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengusulkan normalisasi Sungai Bengkulu kepada BNPB dan Komisi V DPR RI karena langganan terendam banjir. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengusulkan normalisasi Sungai Bengkulu kepada BNPB dan Komisi V DPR RI karena langganan terendam banjir.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam rapat Tim Komisi V DPR RI bersama Gubernur Bengkulu, Forkopimda, Bupati/Walikota dan Stakeholder terkait di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat (2/9/2022).

Menurut Dedy, harus dilakukan sinergitas bersama untuk mengatasi soal banjir Bengkulu ini.

Tidak hanya pemda Kota, namun juga bersama Pemprov Bengkulu dan pemerintah pusat.

"Momentum tadi sangat berharga kita mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk melakukan normalisasi sungai. Karena persoalan sungai Bengkulu ini yang menjadi penyebab banjir Kota Bengkulu, " kata Dedy.

Sehingga kedepan, jika dilakukan normalisasi maka, akan dibangun kolam retesi.

Pemkot Bengkulu berencana akan membuat tiga titik kolam retesi ini. Pertama, seluas 5 ha, yang kedua 4 ha, ketiga itu 2 ha.

"Maka kalau ini terlaksana, InsyaAllah tadi secara teknis bisa mengurangi dampak banjir. Misalnya terjadi hujan lebat maka kolam retesi ini akan dikeluarkan, dan bisa menampung banjir kiriman, " imbuhnya.

Baca juga: Hujan Terus Mengguyur, Jumlah Wilayah Kota Bengkulu Terkena Banjir Meluas

Hal inilah, yang sementara ini dinilai bisa efektif bagi Kota Bengkulu terbebas banjir.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved