Gempa Bengkulu

Bengkulu Kembali Diguncang Gempa Magnitudo 5.1, Warga: Terasa Seperti Truk Lewat

Sarah, warga Kota Bengkulu mengatakan gempa sore ini sempat ia rasakan seperti getaran truk lewat.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Hendrik Budiman
TribunBengkulu.com
Ilustrasi Gempa Bumi. Bengkulu kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5.1 pada Minggu (4/9/2022) pukul 15:52:16 WIB, berpusat di Kaur - Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Bengkulu kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5.1 pada Minggu (4/9/2022) pukul 15:52:16 WIB, berpusat di Kaur - Bengkulu.

Sarah, warga Kota Bengkulu mengatakan gempa sore ini sempat ia rasakan seperti getaran truk lewat.

Namun, tidak sebesar gempa beberapa waktu lalu.

Baca juga: Breaking News: Gempa 5,1 Magnitudo Guncang Kaur Bengkulu, Tidak Berpotensi Tsunami

Sehingga dirinya tetap tenang dan melakukan aktivasinya didalam ruangan.
"Karena getaran sebentar ya, jadi insyaallah aman. Kita juga masih lanjutkan pekerja di dalam ruangan ini, " kata Sarah. 

Gempa 5.1 Magnitudo

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang melalui Pengamat Geofisika Stageof Kepahiang, Sabar Ardiansyah menjelaskan gempa yang terjadi pada Minggu (4/9/2022) pukul 15:52:16 WIB, berkekuatan Mag:5.1, ini berpusat di Kaur.

" Tidak berpotensi tsunami, namun gempa tektonik dengan kedalam 20 km ini, dirasakan di Kaur hingga Kepahiang, " jelasnya, Minggu (4/9/2022).

Dijelaskan Sabar, akibat gempa bumi ini getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu untuk kawasan Kaur dan Krui. Kemudian, untuk di Kota Bengkulu hingga Kepahiang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Bagi masyarakat diimbau agar tetap tenang. Hingga pukul 16.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan, " tukasnya.

Hal ini, mengingat beberapa waktu lalu masyarakat sempat diresahkan dengan isu isu yang tidak benar tentang gempa Bengkulu. Untuk itu, Sabar, meminta agar masyarakat mengupdate info gempa, informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.

Untuk diketahui, Provinsi Bengkulu bisa disebut rawan terhadap gempa.

Hal ini karena  sumber sumber gempa itu ada di Bengkulu.

Seperti zona subduksi, yaitu zona tumbukan dua buah lempeng aktif, yang ada di Indonesia.

Lempeng Indo-Australia dan Eurasia, ada patahan tektonik yaitu patahan sesar Sumatera yang juga melintasi provinsi Bengkulu.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved