Harga BBM Naik Dinilai Dapat Picu Inflasi, Pakar Ekonomi Bengkulu: Harus Ada Kebijakan Tekan Inflasi

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik yang diumumkan Pemerintah Pusat pada 3 September 2022 lalu dinilai dapat menimbulkan inflasi.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Situasi antrean di salah satu SPBU di Kota Bengkulu. Harga BBM naik sejak 3 September 2022 dinilai dapat picu inflasi. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik yang diumumkan Pemerintah Pusat pada 3 September 2022 lalu dinilai dapat menimbulkan inflasi.

Hal itu diungkapkan oleh Pakar Ekonomi Provinsi Bengkulu sekaligus Rektor Universitas Dehasen (Unived), Prof. Dr. Kamaludin, MM.

Untuk itu menurut Kamaludin, pemerintah pusat maupun daerah harus bijak dalam mengambil kebijakan. Khususnya untuk pengendalian harga komoditas di pasaran di tengah harga BBM naik.

"Harapan kita dengan harga BBM naik ini inflasi masih bisa di bawah 10 persen. Kalau bisa, karena kalau inflasi tinggi maka lebih susah lagi tinggi," ungkap Kamaludin.

Meskipun akibat kenaikan harga BBM ini memicu inflasi, lanjut Kamaludin, selama pemerintah bisa mengendalikan harga di tingkat lokal maupun nasional maka angka inflasi akibat harga BBM ini dapat diminimalisir.

"Picu inflasi pastinya, namun harapan kita itu (inflasi, red) tidak besar.  Jika tidak maka inflasinya lebih besar daripada kenaikan BBM. Sekarang kenaikan BBM itu lebih dari Rp 2000, maka kenaikan nya sekitar 2 persen," jelas Kamaludin.

Untuk diketahui, harga Pertalite mengalami kenaikan harga sebesar Rp 2.350 yaitu dari harga semula Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter.

Sementara harga Biosolar juga naik sebesar Rp 1.650 yaitu dari harga Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 per liter.

"Memang upaya pemerintah untuk mengendalikan itu pemerintah akan melakukan subsidi. Namun ini tidak mempengaruhi harga bahan pokok," ucapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved