Pasokan TBS Sawit Berkurang, Pabrik di Bengkulu Selatan Kembali Naikan Harga TBS Sawit

Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawir di Bengkulu Selatan dan Kaur. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan hari ini, Senin (5/9/2022) naik lagi.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk angkut TBS sawit sepi dan normal di PKS. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan hari ini naik Rp 30 tiap kilogramnya. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawir di Bengkulu Selatan dan Kaur.

Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan hari ini, Senin (5/9/2022) naik lagi setelah sempat beberapa hari mengalami stagnan.

Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan hari ini naik Rp 30 tiap kilogramnya di PT BSL yang berada di Kecamatan Kedurang Ilir.

Meski rata-rata harga naik dalam beberapa minggu terakhir ini, namun pasokan TBS di setiap PKS tidak juga bertambah. Hasil produksi sejumlah PKS  tidak sesuai target lagi karena pasokan buah yang kurang.

Humas PT BSL, Idius Safari mengungkapkan kalau harga hari ini ada perubahan, tetapi yang menjadi pertanyaan. Kenapa pasokan TBS sawit dari hari, ke hari terus menipis atau berkurang.

"Harga berubah yang sebelumnya diangka Rp 1.360, hari ini naik menjadi Rp 1.390 tiap kilogram untuk harga umum. Sedangkan untuk harga mitra, hari ini menjadi Rp 1.600 per kilogram," kata Humas PT BSL Idius Safitri kepada TribunBengkulu.com, Senin (5/9/2022).

Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman juga mengakui pasokan buah sawit dalam beberapa hari terakhir ini mulai berkurang.

Pasokan TBS sawit normalnya bisa diangka 700-800 ton, saat ini hanya di angka 400-500 ton setiap hari

"Harga tidak berubah, masih angka sebelumnya tertinggi Rp 1.570 untuk wilayah Bengkulu Selatan, Rp. 1.490 wilayah Padang Guci dan Rp 1.400 untuk wilayah Bintuhan," ujar Yuliman kepada TribunBengkulu.com, Senin (5/9/2022).

Begitupun harga beli sawit di PT Sinar Bengkulu Selatan atau SBS hari ini belum ada kenaikan lagi, tetap diangka Rp 1.350 per kilogram.

Kemudian, untuk harga di PT APLS hari ini juga sama masih diangka Rp 1.510 tiap kilogram.

Dari pantauan TribunBengkulu.com, antrean disejumlah PKS dalam kondisi normal atau sepi dari truk angkutan TBS sawit.

Baca juga: Harga BBM Naik, Masyarakat Beli BBM Tetap Dibatasi Lewat Aplikasi MyPertamina

Baca juga: Breaking News: Tabrakan Beruntun di Bengkulu Tengah, Libatkan 3 Mobil dan 1 Motor

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved